ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
27 Februari 2009, 14:02

ITS Raih Rp 8 M untuk Tingkatkan Reputasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ditemui di tempat kerjanya (24/2), Prof Ir H Arif Djunaidy MSc PhD mengatakan bila program ini telah diajukan setahun yang lalu dan akan dimulai pada tahun ini hingga 2011. ITS menyeleksi beberapa jurusan yang ada di ITS untuk mengikuti seleksi hibah ini. ”Program ini dibagi menjadi tiga yakni program A,B, dan C,” Ujarnya.

Pada kesempatan kali ini 5 jurusan ITS akan menerima hibah dari program C yang lebih difokuskan agar jurusan tersebut mulai Go Internasional. Kelima jurusan ini adalah jurusan Teknik Perkapalan, Jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur serta Teknik Industri. ”Tiap jurusan ini akan memperoleh dana hibah sebesar 1 Milyar rupiah,” papar Arif.

Selain itu, ITS juga mendapat kesempatan menerima program hibah B yang dikhususkan untuk meningkatkan kualitas relevansi dari beberapa jurusannya. Empat jurusan yang bakal memperoleh dana hibah sebesar 750 juta Rupiah ini adalah Teknik Fisika, Fisika, Matematika dan Kimia.

”Kesembilan jurusan ini berhak mendapat dana hibah ini setelah penilaian dari berbagai aspek seperti penelitian publikasi ilmiah serta capaian akademik mahasiswa,” jelas Arif. Dari program ini Arif berharap bila ITS mampu mempertahankan kepercayaan yang diberikan oleh pihak eksternal untuk kemajuan ITS.

”Selama ini di ITS belum ada jurusan dengan kelas internasional, jadi mahasiswa asing yang datang di ITS dapat langsung mendapatkan pengajaran dengan berbahasa Inggris,” harap Arif yang mengaku dengan diperolehnya dana ini beberapa jurusan di ITS mampu mendapatkan akreditasi di tingkat internasional.

Dihubungi terpisah, Ketua Jurusan Teknik Elektro Dr M Ashari mengaku bila kepercayaan dari pemerintah ini akan dimaksimalkan dengan memperluas kerjasama internasional serta melakukan riset dan publikasi ilmiah dengan perguruan tinggi asing. ”Saat ini Jurusan Elektro telah memiliki kerja sama Double degree S I dengan Universitas Vontys Belanda,” jelas Ashari yang mengaku teknik Elektro juga telah memiliki kerjasama doubel degree S2 dan S3 dengan universitas dari Jerman dan Jepang. (yud/mtb)

Berita Terkait