ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
08 Maret 2009, 05:03

OMITS 09: 1250 Tim Berebut Juara

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada yang berbeda di sekitar lingkungan FMIPA, Sabtu (7/3). Ratusan siswa berseragam SMA dan SMP nampak hilir mudik berdatangan. Mereka akan mengikuti babak semifinal OMITS 09 bertempat di Teater B dan Teater C.

Peserta yang mengikuti babak semifinal OMITS 08 kali ini adalah mereka yang telah lolos babak penyisihan satu pekan sebelumnya (1/3). Adapun tempat pelaksanaan babak penyisihan OMITS 09 kali ini terbagi menjadi enam daerah regional, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Bandung, Jakarta, Denpasar, Mataram, dan Banjarmasin. Meski terdapat enam kota sebagai pusat regional, ada pula peserta yang berasal dari Sulawesi dan Papua.

"Peserta juga bisa mendaftar secara online, sekaligus mengikuiti babak penyisihan secara online pada hari yang sama," jelas Rusdi Arif Darmawan, Ketua OMITS 09. "Namun bedanya rentan waktu pengerjaan kami sediakan lebih lama kurang lebih dua belas jam lamanya," tambah pria berkacamata asal Yogyakarta ini.

Dalam babak penyisihan yang sebelumnya, peserta baik peserta OMITS SMA maupun SMP diharuskan mengerjakan soal pilihan ganda dalam selang waktu satu jam. Dan akhirnya terpilih 50 tim untuk tingkat SMA dan 50 tim untuk tingkat SMP.

Setelah melalui babak semifinal di mana peserta harus mengerjakan 20 soal uraian dan 2 soal esai, suasana tegang serta cemas menunggu hasil pengumuman untuk babak final semakin dirasakan oleh peserta. Salah satunya Sri Nurur Fachmi,"Lama banget pengumumannya, jadi cemas juga," tukas siswi SMP Al Hikmah Surabaya ini.

terpilihlah 10 tim dari SMP dan 10 tim dari SMA yang berhak maju ke babak final "Sempet kecewa juga, terlebih lagi ini pengalaman pertama saya mengikuti Olimpiade, tapi gak bisa lolos ke babak final," tandas Ananta Adhi Wardana seorang peserta dari SMA 5 Bandung. (st/mtb)

Berita Terkait