ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
16 Maret 2009, 14:03

Sampan Peduli Bagi Sembako Murah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak jam 08.00, para warga yang sebelumnya telah diberi kupon sudah berkumpul di lokasi. Sebelumnya, para panitia telah melakukan sosialisasi kepada para warga tentang agenda ini. Lalu bekerjasama dengan ketua RW setempat untuk menentukan siapa saja yang berhak mendapat Sembako murah ini. Paket sembako yang dihargai Rp 15 ribu ini berisi 3 kg beras, 1 kg gula dan 1 kg minyak goreng.

Para warga yang telah mendapatkan kupon tadi langsung datang ke balai tersebut. Mereka hanya menunggu sebentar untuk didata identitasnya. Setelah itu mereka bisa segera menukarkan kupon itu dengan sembako murah. Mereka pun terlihat senang karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkannya. Karena panitia yang stand by cukup untuk mengantisipasi antrian.

Candra Setyawan, ketua panitia Sampan 3, mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda rutin dari rangkaian Sampan. Hal ini sebagai wujud kepeduliaan mahasiswa kepada masyarakat sekitar. Sedangkan wilayah Kedung Cowek sengaja dipilih karena karakteristik kultur daerahnya yang sejenis dengan jurusan perkapalan.

”Kita kan anak Perkapalan. Jadi, supaya tahu kondisi sosial masyarakat di daerah pesisir pantai,” ujar mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2006.

Acara ini bukan berarti tanpa halangan. Beberapa kali panitia diprotes warga karena hanya sebagian kecil saja yang berhak mendapatkan sembako murah ini. Ia mengakui bahwa Sampan peduli tidak bisa mencakup semua masyarakat disana. ”Kalau tahun kemarin untuk RW I, maka tahun ini giliran RW II,” tambahnya.

Sementara para warga mengaku sangat senang dengan acara ini. Salah satunya Isron, merasa terbantu dengan kegiatan ini. ”Lumayan Mas…bisa bantu ngurangi beban,” ujar ibu rumah tangga yang sehari-hari hidupnya bersandar pada hasil tangkapan ikan di laut ini. (bah/fay)

Berita Terkait