ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
17 Maret 2009, 17:03

Lomba Beton Awali Rangkaian Civil Expo 2009

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kesekian kalinya HMS mengadakan acara tahunan Civil Expo. Adapun rangkaian acara Civil Expo kali ini diantaranya Lomba Beton dengan Mutu Tinggi dan Lomba Jembatan hingga High Performance Concrete (HPC). Lomba Beton yang mengawali Civil Expo kali ini dipisah menjadi dua kategori. Yakni Beton Mutu Tinggi dengan berat volume maksimal 2500 kg/m3 dan Beton Mutu Tinggi dengan metode Self Compacted Concrete (SCC).

Dalam Lomba Beton dengan metoda SCC, peserta melakukan proses pengecoran dengan tidak melakukan pemadatan atau biasa dikenal dengan istilah merojok, karena beton diharapkan dapat memadat dengan sendirinya. Dalam proses pengerjaannnya peserta diberikan waktu kurang lebih satu setengah jam pembuatan dan pencetakan. ”Bahan utama pembuatannya berupa semen, kerikil, dan pasir. Untuk zat adiktifnya peserta dapat membawanya sendiri. Akan tetapi panitia pun juga menyediakannya," papar Deddy, ketua pelaksana Civil Expo 2009.

Setiap peserta tampak berusaha untuk menjadi yang terbaik. Salah satunya tim dari Universitas Indonesia. ”Untuk perlombaan kali ini, kami menggukan metoda trial and error pada pembuatan beton kami, kami harap dengan begitu peluang kami untuk menang lebih banyak,” tutur Romastah. Hal yang senada juga diungkapkan oleh mahasiswa asal Tandulango. ”Kami yakin, beton buatan kami akan menjadi yang terbaik,” tandas mahasiswa berkulit gelap ini.

"Banyak aspek yang menjadi kriteria penilaian dalam Lomba Beton kali ini, selain uji Besar Slump Beton Segar, uji L Shape Box Test, hingga uji V Funnel, peserta juga harus mempaparkan hasil karyanya di depan juri nanti, " papar Deddy. Pria berkulit sawo matang ini juga menambahkan, pada hari sebelumnya pelaksanaan lomba peserta diharuskan juga untuk membuat 6 buah beton yang telah diuji di masing-masing tempat pada saat beton berumur 3 dan 7 hari. "Untuk pengujian yang dilakukan pada saat perlombaan adalah beton yang telah berusia 28 hari," jelas Deddy, mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2006 ini.

Dari tiga belas tim yang berlaga dalam Lomba Beton kali ini akan diambil lima nominasi terbaik. Bagi peserta yang telah lolos pada tahap uji dan memiliki nilai tertinggi akan keluar sebagai nominasi juara. Juaranya akan diumumkan pada tanggal 20 Maret 2009 di Royal Plasa Surabaya bersamaan dengan Lomba Jembatan. (st/han)

Berita Terkait