ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
18 Maret 2009, 09:03

Pengunjung Serbu Pameran Bahari Sampan 3

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puluhan pengunjung terlihat dimanjakan dengan alunan musik dari beberapa band yang tampil di tengah acara. Sesekali mereka bertanya ke dalam stan promosi. Kebanyakan dari stan tersebut berhubungan dengan Kemaritiman seperti stan himpunan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), Lembaga Hidrodinamika Indonesia, dan Maritime Challenge.

Tapi, ada juga yang tak berhubungan dengan kemaritiman, seperti beberapa stan desain baju, bazar buku-buku islam yang digelar kajian jurusan Assafiinah, dan beberapa stan yang menjual makanan dan minuman. Mereka punya cara sendiri untuk menarik pengunjung, salah satunya adalah Ocean Corner yang menggelar acara ice cream party. Mereka mengajak pengunjung untuk minum ice cream dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain pameran, beberapa kompetisi juga turut dilombakan. Salah satunya adalah Mading Creativity Competition (Diction). Sekitar enam kelompok bersaing untuk menjadi yang terbaik. Terlihat kesibukan mereka dalam pameran ini karena pada hari ini merupakan tahap pembuatan.

Para pengunjung juga diajak untuk menjadi juri dalam lomba Naval Graphic Design Contest (NGDC), sebuah lomba desain kaos yang bertema bahari. Di panggung nanti, baju ini akan dipakai beberapa model yang berjalan bak peragawan profesional. Setelah itu, para pengunjung berhak memberikan penilaian tentang desain baju yang terbaik.

Candra Setya Nugroho, ketua panitia Sampan 3, menyatakan bahwa tujuan acara ini adalah untuk mempromosikan bahari nusantara. Bahkan, sebelumnya panitia berniat untuk mengundang mahasiswa perkapalan atau jurusan yang behubungan dengan kelautan lainnya untuk mengisi stan-stan yang tersedia. ”Hanya karena kendala tempat dan waktu yang mepet sehingga kampus lain belum bisa memeriahkan pameran bahari ini,” ujarnya.

Candra mengaku tidak menetapkan target pengunjung dalam pameran bahari tahun ini. Ia menargetkan banyaknya instansi yang bersedia ikut bersama-sama memperkenalkan keanekaragaman dunia bahari Indonesia. Ia berharap di tahun mendatang, acara ini benar-benar menjadi sebuah acara yang fokus memperkenalkan dunia bahari Indonesia. (bah/fay)

Berita Terkait