ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
20 Maret 2009, 10:03

Lomba Maket, Berkreasi Lewat Kaleng Bekas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam lomba yang bertajuk Our Future School, setiap tim berlomba mendesain maket berbentuk ruang kelas. Mereka buat semenarik mungkin dengan menggunakan kaleng bekas sebagai bahan utamanya. "Sengaja kami pilih kaleng bekas, untuk menguji kreativitas peserta, selain itu untuk memanfaatkan barang bekas," jelas Rizki Amalia Kusuma Wardani, Koordinator Sie Acara.

Selain berbahan dasar kaleng bekas para peserta dapat mengkombinasikan dengan bahan pemanis yang lain. Misalnya untuk ornamen, desain maketnya dapat ditambahkan gips, lembaran kain, stik es krim ataupun tusuk sate sekalipun.

Untuk perlombaan maket kali ini, peserta harus merancang desain maket yang perukuran 80x60x100 cm dengan perbandingan skala 1:50. Selama kurang lebih sembilan jam lamanya, peserta membuat detil ruang kelas tingkat dua ditambah dengan satu ruang kreasi secara on the spot. “Peserta hanya mempersiapkan potongan-potongan bahan perlengkapannya dari rumahnya, akan tetapi pengerjaan ataupun penempelannya di sini (tempat lomba, red)," terang Rizki.

Hingga tak pelak pula, setiap tim saling bersaing membuat rancangan maket semenarik mungkin. Salah satunya, tim dari SMAN 5 Surabaya. "Awalnya kami ingin buat desain modern-minimalis, tapi ternyata hasilnya malah lebih mirip bangunan kapal," tandas Elsa, siswi SMAN 5 Surabaya.

Berbeda dengan itu, Tiari asal SMAN 2 Lumajang nampaknya mempunyai desain lebih unik. Pasalnya tim dari kota pisang akan membuat maketnya menyerupai bentuk kumbang untuk ruang kelasnya dan bunga untuk ruang kreasinya. "Terinspirasi waktu melihat kumbang di taman kota. Jadi menurut kami ada korelasinya antara kumbang dengan bunga," tutur Kisfendi, ketua tim dari SMA 2 Lumajang.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dewan juri penilaian dalam kompetisi maket kali ini. Diantaranya logika struktur bangunan, pengolahan bahan, kreativitas serta kerapian dari maket peserta. Tiga peserta terbaik akan memperoleh hadiah sebesar sebelas juta rupiah, yang akan diberikan keesokan harinya di acara puncak Civil Expo besok, Sabtu (21/3) di Royal Plaza Surabaya. (st/han)

Berita Terkait