ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
22 Maret 2009, 21:03

Ribuan Pengunjung Padati Civil Expo 2009

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak pagi suasana Atrium Lantai 1 Royal Plaza telah ramai diserbu pengunjung yang penasaran dengan berbagai bentuk maket sekolah serta jembatan yang dipamerkan dalam Civil Expo 2009. Apalagi banyak diantara maket yang dipamerkan memliki bentuk yang unik serta bertemakan lingkungan. Salah satunya adalah karya Syaiful dan Nanang, peserta dari SMKN 1 Glagah Banyuwangi. “Kami mengambil konsep maket sekolah yang ramah lingkungan, jadi di halaman sekolah kami membangun sebuah taman beserta gazebo yang beratap tanaman menjalar.” ujar Syaiful gamblang.

Menurut ketua panita Civil Expo 2009, Rahmat Jurmikanto, tujuan diselenggarakanya rangkaian acara Civil Expo 2009 di Royal Plaza adalah untuk mengenalkan dunia Teknik Sipil kepada masyarakat luas. “Apa lagi Royal Plaza merupakan tempat hang out para pelajar Surabaya, dengan begitu kita juga dapat mempromosikan jurusan Teknik Sipil ITS ini kepada mereka,“ terang cowok yang berpostur tinggi ini.

Pada bagian lain atrium acara pengujian kelenturan jembatan juga tak kalah ramainya. Setiap kali beban ditambahkan suasana heboh langsung ditunjukkan oleh para peserta maupun pengunjung. Fian salah satu pengunjung yang turut hadir ikut merasakan ketegangan itu. “Setiap beban yang ditambahkan ke jembatan membuat saya sedikit khawatir jika jembatan itu ambruk.” jawab Mahasiswa Teknik Sipil UPN yang datang untuk memberikan dukungan pada karya temannya.

Di akhir acara, diumumkan nominasi juara dari serangkaian lomba yang diselenggarakan pada Civil Expo 2009. Pada lomba beton SCC nominasi berasal dari tim dari UK Petra, ITS, dan Universitas Narotama. Pada lomba maket, tim dari SMK 2 Jember, 2 tim dari SMAN 5 Surabaya, dan SMAN 2 Lumajang keluar sebagai nominee. Sedangkan pada lomba inovasi jembatan Tim dari UK Petra, dan 2 tim dari Universitas Gunadarma maju sebagai nominee. Pemenang juara 1,2, dan 3 dari masing-masing lomba akan diumumkan pada 30 Maret mendatang di seminar nasional yang merupakan acara penutup dari acara Civil Expo 2009, dijadwalkan acara penutup ini akan dihadiri oleh menteri pekerjaan umum, Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. H.E (nay/ap)

Berita Terkait