ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
24 Maret 2009, 09:03

PLN Ajak Hemat Energi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

PLN merupakan Pemegang Kuasa Usaha Kelistrikan di Indonesia. PLN juga bertugas untuk menyediakan energi, transmisi, dan distribusi listrik. Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan listrik pun kian lama makin meningkat. Bahkan berdasarkan data statistik tahun 2002-2007 menyebutkan kalau pertumbuhan pengguna listrik di Indonesia per tahun mencapai 6,8 %. Hal ini sangat kontras dengan pertumbuhan sumber energi listrik yang jauh di bawah penggunanya.

"Sebetulnya kita tidak mengalami krisis energi, tapi krisis pembangkit tenaga listrik dikarenakan anggaran yang memang  kurang," ungkap Ir Muhammad Sulistyo.

Alumni mahasiswa Teknik Elektro ITS ini menambahkan ada beberapa faktor kurangnya anggaran yang disediakan. salah satuny adalah paradoks bahwa PLN merupakan perusahaan monopoli tetapi tetap merugi. Meski demikian, PLN masih terus berinvestasi. "Demand masih tinggi, jika ditunda malah akan menimbulkan biaya sosial yang tinggi,s" imbuhnya.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, PLN mengajak kita untuk menjalani hidup dengan hemat energi. "Marilah kita semua hemat energi dalam berbagai aktivitas," tambah Sulistyo.

Menurut Ricky Dwi, selaku ketua panitia kuliah tamu PLN, Sharing semacam ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa guna menambah wawasan pengetahuan di luar akademiknya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai wadah silaturrahim antar mahasiswa dan alumni ITS. (niv/mtb)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > PLN Ajak Hemat Energi