ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
27 Maret 2009, 19:03

ITS Ajak Warga Surabaya Ciptakan Energi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puluhan masyarakat, mahasiswa dan pemerhati lingkungan berkumpul di Balai Pemuda, Jumat (27/3). Mereka urun rembuk dalam talk show yang digelar jurusan Teknik Lingkungan (TL) ITS. Acara yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan pembicara dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman dan TL ITS.

Acara yang dibawakan Cak Priyo, presenter JTV, ini mendapat antusiasme tinggi. Ibu-ibu rumah tangga dan warga stren kali ternyata menaruh perhatian besar terhadap problem lingkungan. Terbukti mereka banyak bertanya mengenai cara membuat bioenergi dan kepedulian pemerintah dalam menciptakan bioenergi.

”Jadi benar kalau ada laki-laki yang pipis di bawah pohon, kemudian pohonnya tumbuh subur,” ungkap Ir Eddy Setiadi Soedjono yang langsung disambut gelak tawa peserta talk show. Dosen TL ITS tersebut menerangkan bahwa di dalam urin terkandung unsur nitrogen yang berguna sebagai pupuk dalam tanaman. Eddy menyarankan agar warga Surabaya membangun Constructed Wetland, yakni konstruksi yang memungkinkan limbah urin digunakan sebagai pupuk tanaman.

Selain itu, Eddy juga mencontohkan proyek penanganan limbah komunal yang ada di Mojokerto. Dalam proyek tersebut, masyrakat setempat menciptakan biogas skala rumah tangga. Biogas tersebut dibuat dari air limbah rumah tangga. Caranya dengan membuat toilet yang memisahkan tempat untuk bung air besar, buang air kecil dan tempat mencuci. Selain mengatasi krisis energi, bioenergi mempunyai banyak keuntungan. ”Panas biogas lebih bagus untuk kompor dibanding gas biasa,” tutur Eddy. Selain untuk memasak, biogas juga digunakan untuk listrik.

Sementara itu, LITL 2009 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. ”Insya Allah LITL kali ini lebih baik, bahkan pesertanya naik dua kali lipat dari sebelumnya,” jelas Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD selaku Ketua Jurusan TL. Selain talk show, acara ini dimeriahkan oleh pameran teknologi lingkungan, pameran kreativitas, dan pameran fotografi. Sedang acara yang digelar Sabtu (28/3) akan menggelar Education Center untuk anak SD, serta pengumuman para pemenang LITL. Selain itu, acara ini juga akan menghadirkan Dewi 19 dan band pemenang Deteksi Party 2008, The North. Kedua band tersebut akan memeriahkan Festival Band bertema lingkungan Se-Jawa Timur. (nrf/mtb)

Berita Terkait