ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
04 April 2009, 22:04

Pandai Promosi Diri, Kunci Sukses Pencari Kerja

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain itu, turut dijelaskan beberapa kiat-kiat sukses mencari kerja. Itu semua dilakukan tanpa harus bersusah payah mengikuti berbagai bimbingan untuk sukses mendapat pekerjaan yang diinginkan. Kunci utama dalam mencari pekerjaan adalah kembali pada filosofi diri pada saat mencari kerja. Hal ini pula yang dituturkan oleh Vanda Rossdiana, SPsi, MPsi dalam acara tersebut.

Menurut Vanda, seorang pencari kerja sebaiknya harus mencitrakan diri mereka semenarik mungkin sehingga perusahaan yang akan dituju merasa yakin akan hal itu. "Salah satunya, mempromosikan diri lewat surat lamaran yang akan diajukan," tuturnya. Vanda pun turut menambahkan ada banyak hal yang sering kali menjadi kekeliruan para pencari kerja, terutama pada saat tes psikologi dan interview.

"Para pencari kerja sering kali melupakan budaya dan kebutuhan perusahaan yang akan dituju," tambahnya. Selain itu pula, kesalahan yang sama terjadi pada saat interview, mereka sering kali kurang konsisten dengan hasil tes psikologi yang telah mereka jalani," jelas perempuan yang saat ini menjabat sebagai Konsultan PT Ajinomoto.

Tak hanya menuturkan materi untuk menjadi pencari kerja yang sukses. Vanda juga mempraktekkan wawancara kerja dengan para peserta. Beberapa orang peserta dipilih untuk maju dan ditanyai layaknya wawancara kerja. Setelah simulasi interview selesai, Vanda menganalisis wawancara yang telah dilakukan kedua orang tersebut. Ternyata banyak kesalahan yang dilakukan oleh para peserta, mulai dari cara berpakaian, keruntutan cara menjawab pertanyaan sampai konsistensi jawaban dari para peserta.

Tak hanya penampilan, cara menjawab pertanyaan serta komunikasi saat wawancara pun turut berkontribusi dalam penilaian sebuah wawancara kerja. Hal ini terbukti dari praktek wawancara yang dilakukan para peserta.

Pembicara lainnya, Rahmat Hartadi S juga berkesempatan memberikan beberapa persiapan yang harus dilakukan para pencari kerja. "Gunakan prinsip PDCA (Plan Do Check Action)," terang Hartadi. Pesannya pada para peserta agar mereka memulai berbenah diri menganalisa potensi diri serta kekurangan dan merencakan prospek masa depan dengan baik.

Selain itu pula, Hartadi juga menjelaskan bahwa ada emapat hal yang harus diperhatikan dalam menjcari kerja, yakni kemampuan diri, minat profesi, jenis perusahaan yang diinginkan dan profil SDM yang diinginkan perusahaan. "Dan yang tepenting adalah memformat diri sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang kita inginkan." tambah Hartadi. (st/bah)

Berita Terkait