ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
03 Mei 2009, 17:05

ITS Berhasil Meloloskan Semua Tim di Kontes Robot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seperti KRI dan KRCI tahun sebelumnya, peserta bakal bertarung lebih dulu di tingkat regional masing-masing. Para pemenang regional berhak melaju ke tingkat nasional. Pemenang di tingkat nasional bakal mewakili Indonesia ke tingkat internasional yang akan dilangsungkan di Tokyo, Jepang, pada 22 Agustus.

Tema KRI tahun ini disesuaikan dengan ajang tingkat internasional ABU Robocon 2009, yakni Travel Together for the Victory Drums.

Babak penyisihan dibagi empat regional. Regional I bakal dilaksanakan 2-3 Mei di Politeknik Caltex Riau, regional II (9-10 Mei) di Universitas Indonesia, regional III (12-13 Mei) di UGM, dan regional IV (16-17 Mei) di ITS.

Total peserta yang lolos ke seleksi regional 67 tim untuk KRI dan 185 tim KRCI. Rinciannya, regional I sebanyak 13 tim KRI dan 35 tim KRCI; di regional II ada 19 tim KRI dan 57 tim KRCI; regional III ada 13 tim KRI dan 38 tim KRCI; regional IV ada 22 tim KRI dan 55 tim KRCI.

Yang terbaru, pada kontes robot tahun ini, ada satu kategori baru. Yakni, kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Pada kontes itu, sang robot harus bisa menunjukkan aktivitas seni secara otomatis.

”Untuk KRSI yang masih bersifat pertandingan ekshibisi ini, tak ada seleksi regional, tetapi langsung dipertandingkan di tingkat nasional," kata Ketua Panitia Seleksi KRI dan KRCI 2009 Regional IV Wiratno Argo Asmoro.

Data yang didapat Jawa Pos, ITS meloloskan semua tim robot yang diajukan di semua divisi atau kategori. Termasuk dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Untuk bertarung di ajang KRI, ITS akan diwakili tim robot Bolokulowo. KRCI diwakili tim N-Sembel, tim Turtle, tim Cy-clone, dan tim G.A. AssAssin. ITS juga berhasil meloloskan ketegori KRSI yang diwakili tim Scylia. (alb/hud)

Berita Terkait