ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
07 Desember 2009, 11:12

Despro ITS Pamerkan "1001" Karya Pahlawan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua panita penyelenggara, Eka Pramudita, di Surabaya, Jumat, mengatakan tema kepahlawanan sengaja diusung sebagai lanjutan hari jadi kota Pahlawan beberapa waktu yang lalu.

"Kami sengaja mengambil tema kepahlawanan agar masyarakat masih tetap mengingat semangat dan jasa-jasa pahlawan tidak hanya pada saat hari pahlawan saja," katanya.

Dalam pameran yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, sosok pahlawan yang digambarkan tidak hanya seorang pahlawan pengusir penjajah saja, tapi ada juga petugas kebersihan, penjaga pos kamling, ibu, masinis, penjaga palang pintu kereta, dan lain sebagainya.

"Kami sengaja membiarkan ide dan kreativitas teman-teman kami untuk menggambarkan sosok pahlawan yang diidolakannya," katanya.

Selain fotografi dan karya cipta buatan tangan, dalam pameran tersebut juga terdapat sebuah rangkaian kerangka pesawat terbang yang terbuat dari kayu yang dihiasi dengan berbagai macam mural.

Salah seorang pembuat pesawat, Wisnu Anggoro, mengatakan bahwa makna dibalik pesawat terbang dan mural adalah kontradiksi antara kemajuan teknologi dan tipisnya moral masyarakat.

"Meskipun teknologi semakin canggih, namun masyarakat modern justru mengalami degradasi moral yang sangat bertolak belakang dengan jiwa dan semangat pahlawan jaman dulu," katanya.

Eka Pramudita menambahkan, bahwa pameran hasil karya mahasiswa tersebut merupakan salah satu kegiatan masa orientasi sekolah jurusan Desain Produk Industri ITS.

"Lewat pameran ini sekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa sebenarnya MOS yang berlaku di ITS sudah tidak mengarah pada bentuk kegiatan fisik, tapi lebih kepada kreativitas mahasiswa baru," katanya.

Berita Terkait