ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
24 Maret 2010, 08:03

Mahasiswa ITS Ciptakan Herbal Elektrik Antinyamuk

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada lima fungsi hertic yakni penerang ruangan, pengharum ruangan, aroma terapi, pengusir nyamuk, dan elemen interior," kata salah satu penggagas ‘Hertic’ Achmad Ferdiansyah di Surabaya, Selasa.

Ia mengemukakan hal itu di sela-sela pameran "Bulan Unjuk Prestasi" yang melibatkan satpam kampus, koperasi mahasiswa, BEM, dan lembaga minat bakat (LBM) di Plasa dr Angka ITS itu.

Menurut mahasiswa semester 8 Jurusan Teknik Kimia F-MIPA ITS Surabaya itu, harga lampu "Hertic" ciptaannya berkisar Rp189.000,00 dengan harga herbal-nya senilai Rp15.000,00 per kotak.

"Satu kotak berisi tujuh buah herbal yang dibungkus plastik kecil dan bahan herbal itu juga relatif awet karena satu buah herbal untuk dua hari, sehingga bisa untuk 14 hari (setengah bulan)," katanya.

Ia mengatakan herbal elektrik itu kini diikutkan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kemdiknas dan sudah mendapatkan dana hibah dari Ditjen Dikti Kemdiknas senilai Rp7 juta.

"Nantinya akan dievaluasi oleh tim Kemdiknas dan bila dinyatakan lolos akan diikutkan pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) di Bali pada Juli mendatang," katanya.

Ia menambahkan herbal elektrik itu dikerjakan lima orang yakni tiga mahasiswa Teknik Kimia dan dua mahasiswa Teknik Elktro itu selama dua hari.

"Kami juga sudah menguji di Laboratorium Ergonomi ITS untuk menguji pencahayaan, nyala lampu, dan aroma yang disebarkan," katanya.

Karya mereka juga sudah pernah mendapatkan dua penghargaan yakni "The National Best Product of Internative Studentt Technopreneurship" dan dan "Natiotechnourship Competition" dari Yayasan HM Sampoerna.

Dalam pemaran itu juga disajikan permainan edukasi tentang ular tangga yang berisi informasi tentang bahaya pemborosan listrik dan manfaat hemat listrik yang dirancang mahasiswa Teknik Elektro.

Berita Terkait