ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
14 April 2010, 10:04

Program Mandiri Banyak Peminat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS baru saja mengumumkan calon mahasiswa yang lolos PKM. Dari 2.200 calon mahasiswa yang mendaftar, yang lolos hanya 735 orang. Hasil seleksi ini diumumkan, Sabtu (10/4).

Pembantu Rektor I ITS Arif Djunaidy menyatakan, sebagaimana seleksi lewat jalur reguler lainnya (PMDK dan SNMPTN), proses seleksi PKM ini juga ketat. ”Kami tetap pertahankan kualitas. Karenanya, kami betul-betul seleksi mereka,” ujarnya, Selasa (13/4).

Proses seleksi PKM dilakukan serentak di tujuh kota, yakni Surabaya, Denpasar, Jakarta, Pekanbaru, Balikpapan, Bontang, dan Makasar pada 3 April 2010. Proses daftar ulang akan dilakukan pada hari pertama pelaksanaan SNMPTN 2010.

Calon mahasiswa ITS melalui jalur PKM ini diwajibkan membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Rp 1.500.000 per semester dan biaya pelaksanaan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) Rp 1.500.000. Biaya lain yang harus dipenuhi adalah Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang berbeda sesuai fakultas yang dituju.

Biaya SPI tertinggi di ITS ditetapkan bagi mahasiswa Fakultas Teknik Informatika, yakni minimal Rp 45 juta. Sedangkan SPI terendah ditetapkan di FMIPA, FTI, dan FTK minimal Rp 30 juta.

Di Unesa, saat pendaftaran jalur PKM ditutup, hanya ada 51 calon mahasiswa yang mendaftar. Angka ini jauh lebih kecil dibanding mahasiswa yang mendaftar melalui jalur PMDK prestasi, yakni 9.950 orang.

Dari jumlah itu, Unesa hanya menerima 42 calon mahasiswa jalur PKM dan 1.420 calon mahasiswa PMDK prestasi. Berdasar fakultas, yang diterima di jalur kemitraan di Fakultas ilmu Pendidikan (FIP) 11 orang, FBS 11 orang, Fakutas Ilmu Sosial (FIS) 2 orang, FMIPA 9 orang, FT dan FE 4 orang, serta Fakultas Ilmu Keolahragaan satu orang.

Mahasiswa baru PKM di Unesa wajib membayar Sumbangan Dana Pengembangan (SDP) yang besarnya disesuaikan dengan program studi. Untuk mahasiswa baru di Fakultas FIP, FSB, FMIPA, dan FT, minimal Rp 20 juta, sedangkan FIS Rp 10 juta. Biaya perkuliahan ditetapkan Rp 800.000 dan Rp 700.000 per semester

Kabag BAAK Unesa Hertiti Setyowati menyatakan, proses daftar ulang bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi jalur PMDK prestasi, kemitraan mandiri, dan PMDK kelas internasional akan dibuka hingga Jumat (16/4). “Calon mahasiswa yang mendaftar ulang masih sedikit. Ini mungkin karena masih masa ujian,” ujar Hertiti.

Untuk memudahkan proses daftar ulang, Unesa memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mewakilkan pendaftaran ulang kepada orangtua atau orang lain yang ditunjuk.

Jika ITS dan Unesa telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Unair justru baru membuka pendaftaran program ini bulan depan (Mei 2010).

Sesuai jadwal, Unair akan mengumumkan penerimaan calon mahasiswa jalur PMDK prestasi pada hari ini, Rabu (14/4), pendaftaran PMDK umum pada 26 April 2010 hingga 1 Mei 2010 untuk gelombang pertama sedangkan tes akan dilakukan pada 2 Mei 2010.nrey

Berita Terkait