ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
14 Mei 2010, 10:05

Mobil Hemat Energi Sapu Angin ITS Siap Lomba Tingkat Asia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kehebatan ”Sapu Angin” seluruh komponen termasuk mesin didesain sendiri oleh mahasiswa Teknis Mesin ITS.

MOH NUR YULIANTO Dosen Fakultas Teknis Mesin ITS selaku pembimbing pada JOSE ASMANU reporter Suara Surabaya, Rabu (12/05) menjelaskan, mobil hemat energi ini akan ikut lomba tingkat Asia di Malaysia. Targetnya bisa lebih irit. Tim menargetkan 1 liter BBM (bahan bakar minyak) mampu menembus jarak sejauh 1.000 km.

Mobil hemat energi mahasiswa Teknis Mesin ITS ini, Selasa kemarin dipamerkan pada puncak peringatakan Hardiknas di Istana Negara bersama mobil serupa yang dirancang mahasiswa ITB, UI dan UGM. Presiden dan undangan kagum dengan karya anak bangsa ini.

Setelah memperoleh penjelasan dari MOHAMMAD NUH Mendiknas tentang keunggulan empat mobil hemat energi, presiden minta mobil dijalankan mengelilingi halaman tengah Istana Negara.

Untuk mengenal lebih jauh mobil hemat enrgi mahasiswa ITS, beikut penjelasan NUR YULIANTO dosen pembimbing mahasiswa Teknis Mesin ITS. [Audio On Demand]

Dalam upaya pembuatan dan rencana mengikuti lomba di Malaysia ini, mahasiswa ITS tersebut masih terkendala dana. Akibat keterbatasan dana ini, tim harus mencari sponsor ke sana kemari.(jos/ipg)

Berita Terkait