ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
16 Juli 2010, 08:07

Mahasiswa ITS Ciptakan Pembangkit Listrik Tanpa BBM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Proposal penelitian sudah diajukan ke Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

"Mikrohidro sudah banyak digunakan di aliran sungai pedesaan. Tetapi efisiensi penggunaannya masih kecil," ungkap Rian Apriansyah yang merupakan ketua dari tim tersebut.

Mikrohidro merupakan tenaga listrik alternatif yang tidak menggunakan BBM dan tidak menimbulkan dampak polusi. Proposal penelitian dalam bentuk PKM P tersebut mereka ajukan dan mendapat hibah dari DIKTI sebesar 7 juta.

"Kami melakukan penelitian selama lima bulan meliputi pembuatan alat cross flow turbin dalam skala laboratorium," tutur Rian.

Setelah dilakukan penelitian mengenai sudut putaran turbin atau inlet, mereka menemukan inlet yang paling efektif untuk menaikkan efisiensi mikrohidro yaitu 47 derajat untuk menaikkan  efisiensi energi menjadi 32 persen.

"Itu hasil yang kami dapat dengan menggunakan alat simulasi berskala yang kami ciptakan. Nantinya dari simulasi tersebut dapat diterapkan di pembangkit listrik yang asli," ujar mahasiswa angkatan 2007 itu.

Saat ini mereka kata Rian sedangkan mempersiapkan PKM nya untuk berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Bali minggu depan.

"Saat ini kami sibuk menyiapkan alat yang akan di bawa, presentasi, dan mental. Kami berharap alat ini akan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan dan dapat menekan tarif kenaikan listrik," ujar Rian sambil menunjukkan rumus-rumus perhitungan untuk turbin.
(wln/wln)

Berita Terkait