ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
21 Juli 2010, 08:07

Universitas Kumamoto Jepang Buka Kantor Cabang di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Itu merupakan kantor ketiga yang didirikan Universitas Kumamoto setelah China dan Korea," kata Kepala International Office (IO) ITS Surabaya, Dr Ketut Buda Artana ST MSc.

Kantor yang terletak di Gedung Rektorat lantai dua itu akan menjadi pusat informasi mengenai Universitas Kumamoto di wilayah Asia Tenggara dan sebagian Asia Selatan.

"Selama lima tahun ini, kami sudah melakukan kerja sama mulai dari pertukaran pelajar sampai penelitian bersama. Kini, Universitas Kumamoto memiliki kantor baru di Gedung Rektorat ITS," katanya.

Ia menjelaskan pendirian kantor baru itu merupakan pengakuan dan penghargaan dari Universitas Kumamoto untuk ITS Surabaya.

"Misalnya saja dilihat dari program JICA (Japan International Corporation Agency) yang bekerja sama dengan ITS di bidang penelitian yang dinilai sukses," katanya.

Sementara itu, Presiden Universitas Kumamoto, Prof Isao Taniguchi, yang datang ke ITS untuk meresmikan kantor barunya itu menegaskan bahwa pelajar Indonesia saat ini menempati pelajar asing terbanyak kedua.

"Pelajar dari luar negeri terbanyak yang menempuh studi di Kumamoto adalah China, kemudian Indonesia," kata profesor di bidang Teknik Kimia itu.

Menurut dia, Universitas Kumamoto saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan kolaborasi internasional, di antaranya dengan mendirikan kantor cabang di ITS.

"Kantor ini untuk umum, bukan hanya milik ITS," katanya.

Di Indonesia saat ini, ada lima perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Universitas Kumamoto yaitu Universitas Mataram, Universitas Nusa Cendana, Universitas Cendrawasih, Universitas Sam Ratulangi, dan ITS.

Sementara itu, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD sebagai rektor ITS menyatakan akan menargetkan sepuluh perguruan tinggi untuk ikut bergabung.

"Adanya kantor baru ini menguntungkan ITS, misalnya bila ada informasi beasiswa," katanya.

Berita Terkait