ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
28 Juli 2010, 10:07

Agar Fisika Lebih Menyenangkan dan Tak Memusingkan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk mengantisipasi hal ini, guru SMA se Surabaya mengikuti pelatihan multimedia pembelajaran fisika dan e-learning. Dengan pelatihan ini, para siswa bisa bernafas lebih lega, mereka akan mendapat pelajaran fisika dengan cara yang menyenangkan.

Pelatihan selama 3 hari itu digelar jurusan Teknik Fisika ITS di ruang sidang Teknik Fisika Sejak Selasa (27/7/2010) hingga Kamis (29/7/2010).

"Pelatihan ini merupakan suatu bentuk program pengabdian pada masyarakat," kata Ketua Pelaksana, Suyanto ST, Rabu (28/7/2010).

Acara tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara 45 tahun Teknik Fisika.
"Di sini diajarkan bagaimana membuat fisika lebih menarik dengan bantuan alat,"
ungkap Suyanto.

Alat tersebut bisa meliputi penggunaan software seperti macromedia flash dan Mathcad. Itu artinya mata pelajaran fisika bisa dibuat dalam bentuk animasi.

Sementara di hari kedua dan ketiga, peserta terdiri dari 20orang tersebut akan diajak membuat e-learning mulai dari awal. Kebanyakan SMA di Surabaya belum memiliki sistem e-learning yaitu pembelajaran dalam bentuk online.

"Jadi siswa belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Hal ini merupakan kontribusi positif bagi guru SMU, apalagi sekarang ada sertifikasi guru," jelas Suyanto.

Di pelatihan ini, masing-masing peserta membawa laptop yang berisi software. Jadi para guru bisa langsung mempraktekkan software tersebut. Pemateri berasal dari kalangan dosen ITS sendiri.

"Kita akan memfollow up perkembangannya setelah pelatihan," lanjut dosen berkacamata ini.

Bisa dipastikan dalam waktu dekat ini e-learning akan berkembang di kalangan SMA di Surabaya. "Harapannya kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi di tahun depan, mungkin dengan bekerjasama dengan jurusan lain," pungkasnya.

(fat/fat)

Berita Terkait