ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
30 Juli 2010, 08:07

Tim "ITS Maritime Challenge" Duduki Posisi 10

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Saat ini, pengumuman peringkat sementara sudah keluar, Indonesia di urutan 10 dari 13 negara," kata dosen pembimbing tim IMC Prof Dr Daniel Mohammad Rosyid melalui surat elektronik dari Kanada yang diterima ANTARA Jatim, Kamis.

Hari kelima dengan lomba ke-10 untuk "oar and sail 2", tim Indonesia bergegas berangkat ke "town dock" untuk mengganti layar ‘mizzen’.

"Hal ini dikarenakan ukuran ‘mizzen mast’ dan ‘monkey tail’ tidak cocok dengan layar ‘mizzen’ yang baru, sehingga harus diganti dengan layar yang lama," katanya.

Beruntung, katanya, penggantian itu tidak menjadi masalah besar bagi tim Indonesia, sehingga tim dari ITS itu tidak terlambat sampai ke garis start (titik keberangkatan).

"Lomba kali ini sangat membingungkan karena peserta tidak diberitahu tentang garis start dan jalur lomba," katanya.

Hal itu membuat tim Indonesia dan Irlandia terlambat ke garis start. Padahal posisi start berbeda dengan lomba "sailing race" sebelumnya, sehingga membingungkan peserta pada umumnya.

"Karena itu, saat ‘sound’ pertanda lomba dimulai, maka Garuda (nama perahu dari Tim Indonesia) dan Unite (nama perahu tim Irlandia) belum sampai di posisi start," katanya.

Karena start dimulai dengan layar, maka tim Indonesia bisa menyodok ke posisi 10 saat berlayar, tapi saat dayung justru didahului Irlandia, sehingga Indonesia mendapat posisi ke-11 untuk jenis lomba "oar and sail 2".

"Kami berharap mampu maksimal dalam lomba navigation, ropework, and sailing. Strategi demi strategi terus dirumuskan," katanya.

Secara fisik, katanya, tim Indonesia kalah besar, namun tim Indonesia tetap optimistis dapat mengejar maju.

Ke-13 tim yang berlomba itu berasal dari Belgia, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Inggris, Indonesia, International (Basque, Brittany, Maine, Russia), Irlandia, Irlandia Utara, Quebec (Canada 2), dan AS.

Berita Terkait