ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
06 November 2010, 10:11

Produk Masyarakat Pasuruan Ikut Tampil di ITS Expo

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain membuka peluang usaha kecil binaannya, Aqua juga memberikan edukasi tentang siklus air, pemanfaatan sumber air, pelestarian lingkungan, dan kerjasama kemitraan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kaliandra serta Satu Daun di ITS Expo tersebut.

TROY PANTOUW Direktur Komunikasi Danone Aqua dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (05/11), mengatakan keikutsertaan Danone Aqua dalam ITS Expo ini merupakan wujud nyata Aqua dalam menjalankan komitmen gandanya.

“Sejak awal Danone Aqua memiliki komitmen ganda untuk berhasil dalam bisnisnya dan pengembangan sosial masyarakat. Dalam ITS Expo, Aqua menindaklanjuti semangat kemitraan dengan masyarakat dalam bentuk memberikan peluang bagi usaha kecil binaannya tersebut untuk memperluas jaringan pasarnya,“ujarnya.

Menurut TROY, kemitraan yang dilakukan Aqua, LSM, dan masyarakat diharapkan dapat memberikan inspirasi positif banyak kalangan lainnya untuk memberikan perhatian lebih kepada kelompok usaha kecil, khususnya di daerah.

Danone Aqua melakukan kemitraan dengan masyarakat Kebon Candi dan Pandaan, serta LSM melalui program mikro finansial koperasi “Akar Daun”. Gagasan kemitraan Aqua dalam Akar Daun bertujuan memberikan motivasi daya saing dan meningkatkan daya usaha masyarakat sekitar pabrik di Kebon Candi dan Pandaan.

Hasil kemitraan Aqua diperkenalkan dalam ITS Expo lewat produk jamu instan (jahe, temulawak, kunyit putih), kripik buah (mangga, nangka, pisang), kripik tempe, kripik jagung, susu kambing, telur asin, miniatur motor, dan bordir.

Bahkan di stan Aqua, perwakilan masyarakat Desa Mendalan Pasuruan siap mendemonstrasikan kemampuan membatiknya. “Pameran ini tentu dapat memberikan kesempatan binaan kami tersebut untuk membuka pasar yang lebih luas dan bersaing lebih baik,“jelas TROY.

Selain menggelar sejumlah produk hasil karya binaannya, Aqua juga memberikan edukasi tentang terjadinya siklus air. Miniatur siklus air akan memberikan gambaran tentang bagaimana air mengalir dari lereng gunung yang menjadi daerah resapan hujan hingga masuk ke dalam tanah.

Di beberapa titik penting Aqua mendirikan “Hutan Asuh” untuk mendorong kemitraan masyarakat menjaga hutan dan membangun program “Sekolah Sahabat Mata Air” guna memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga sumber air.

Aqua juga memberikan edukasi tentang pelestarian lingkungan dari hulu sampai hilir untuk menjaga hasil kebaikan alam tersebut. Talkshow ringan bersama Tim CSR Aqua dan LSM di lokasi kegiatan pada Senin (08/11). Bahkan mewacanakan sebuah isu menarik digelarnya Festival Mangrove (hutan bakau) dalam waktu dekat.

Kemitraan Danone Aqua dan pemangku kepentingan menjadi kunci penting keberhasilan komitmen ganda Aqua. Untuk Pasuruan, pengakuan terhadap kemitraan Aqua tersebut terlihat dari dua penghargaan emas yang diserahkan BOEDIONO Wakil Presiden Boediono dan DR SALIM ASEGAF AL JUFRI MA Menteri Sosial dalam Kesetiakawanan Sosial Nasional (KSN) Awards 2010.

Penghargaan diberikan untuk pemberdayaan masyarakat desa hutan dan kelompok usaha yang dilakukan komite Desa Mendalan di Pasuruan. “Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas kemitraan kami. Semoga ini menjadikan kami lebih bersemangat dalam menjalankan kemitraan memberdayakan masyarakat dan melestarikan lingkungan,”pungkas TROY. (tin)

Berita Terkait