ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
19 November 2010, 10:11

Siapa Mau Masuk Tim Robot PENS-ITS?

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

PENS ITS tiap tahun selalu menyelenggarakan rekrutmen untuk tim robotnya. Seleksi yang dilakukan oleh beberapa tim pembimbing robotika itu diharapkan mampu menjaring mahasiswa berkualitas yang mampu meneruskan kejayaan robot PENS baik di dalam maupun luar negeri.



Seleksi ini tidak mudah loh! Tiap peserta seleksi harus mengikuti beberapa tahap yaitu tes tertulis, pengumpulan proposal tentang robotika, tes line tracer, dan wawancara. Proses seleksi 2010 akan dimulai minggu ini, namun ada yang berbeda dari proses seleksi sebelumnya. "Sekarang, pengajuan proposal dilakukan seminggu sesudah tes line tracer." ujar anggota tim mio-rEi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) PENS 2009, Mohamad Ali, seperti dinukil dari situs ITS, Kamis (18/11/2010). 



Hari ini panitia seleksi tim robot ITS akan menggelar tes tulis. Materi yang diujikan dalam tes tersebut adalah seputar ilmu Fisika dan aplikasinya. "Dalam serangkaian tes itu, kemampuan akademis bukan merupakan harga mati. Salah satu kuncinya adalah keyakinan. Kita harus yakin jika kita bisa masuk," ujar Ali. 



Mahasiswa jurusan Elektro Industri itu menambahkan, penilaian lainnya terletak pada kemampuan seorang mahasiswa bekerja sama dalam tim. Kerja sama yang baik sangat diperlukan, terlebih tim bekerja menggunakan sistem yang terprogram dengan baik. "Anggota tim robot harus mampu bekerja sama dan menjadi keluarga, karena itulah salah satu kunci kesuksesan PENS sampai saat ini," imbuh pria yang mewakili Indonesia dalam kontes Abu Robocon di Mesir baru-baru ini.  



Jika seleksinya saja seketat itu, maka tak heran tim robot PENS-ITS mampu menjuarai berbagai kontes robot di dalam negeri dan menjadi wakil Indonesia di kancah internasional. Tercatat, tim PENS-ITS menjadi juara bertahan 11 kali berturut-turut dalam KRI. (rfa)
(rhs)

 

Berita Terkait