ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
10 Desember 2010, 15:12

Kembangkan Riset, ITS Gandeng Universiti Teknologi Malaysia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegitan yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan ajang berbagi dan penyampaian hasil-hasil riset kedua kampus tersebut. Hanya saja yang dipaparkan adalah bidang yang sama kedua kampus tersebut, yakni manajemen konstruksi, manajemen pengelolaan air dan perubahan iklim atau climate change.

Menurut Prof. Joni Hermana, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), di acara ini akan disampaikan sebanyak 15 paper. Sedangkan tindak lanjut dari acara ini pada Januari 2011 mendatang akan diadakan riset bersama. ”Kalau kita sudah tau mereka (UTM) melakukan penelitian yang sama, kenapa tidak kita gabung saja?” ujarnya, Rabu 8 Desember kemarin.

Dia menjelaskan, Kerja sama ITS-UTM sendiri sudah berlangsung sejak 1999, namun masih belum terstruktur. ”Kita sudah menjalin kerjasama sejak 1999, tapi masih tidak teratur,” jelas Prof. Zulfikar dari UTM seraya menambahkan agenda ini akan diadakan secara rutin dengan tempatnya bergantian di kedua kampus tersebut.

Sebelumnya kedua kampus itu telah melaksanakan kerjasama dengan kuliah bersama. Mahasiswa ITS yang berasal dari Arsitektur, Teknik Sipil, dan Teknik Lingkungan dikirim ke UTM untuk mengikuti kuliah manajemen konstruksi dan manajemen pengelolaan air di UTM. ”Itu bobotnya masing-masing tiga SKS. Semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi yang dikirim ke sana,” ujar Joni. (rfa)(rhs) 

Berita Terkait