ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
16 Desember 2010, 08:12

Jika Mahasiswa ITS Mengajar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Oleh karena itu, mahasiswa ITS yang bergabung dalam program ITS Mengajar mencoba berkontribusi dan peduli terhadap pendidikan di sekitar kampus ITS melalui kegiatan tutorial yang diadakan setiap minggu dengan jam tutorialnya menyesuaikan ketentuan jam dan jadwal dari pihak sekolah. ITS Mengajar merupakan kegiatan tutorial dalam rangka persiapan mengahadapi ujian nasional kelak, yang mana diadakan di beberapa sekolah yang ada di sekitar kampus ITS. Seperti SDN Kejawan Putih Tambak 1, Kejawan Putih Tambak 2, SDN Raden Paku, SMP, dan SMA Yapita, dan SMA Hidayatul Ummah.

Program ITS Megajar ini diadakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) ITS Education Care Center (IECC) yang merupakan badan yang peduli terhadap pendidikan sekitar dan dinaungi BEM ITS. Program ini juga mengajak para mahasiswa yang ingin berkontribusi dengan menjadi tutor dalam kegiatan ini.

Pada hari Sabtu, tepatnya tanggal 11 Desember 2010, ITS Mengajar berlangsung di SDN Kejawan Putih Tambak 1 dan 2 yang biasa disebut SDN KPT 1 dan SDN KPT 2. Tutorial di SDN KPT 1 ini dimulai dari pukul 10.30-12.00 WIB, bersama tutor Kak Jeffry, Ririn, dan Imas. Kali ini suasana kelas sedikit berbeda dari biasanya, suasana sedikit bisa terkontrol, tenang, lebih kondusif. Hal ini dikarenakan dibantu dengan wali kelasnya dalam mengondisikan kelas.

Berbeda dengan Sabtu sebelumnya yang suasananya agak ramai karena siswanya yang terbilang superaktif. Materi yang diajarkan yaitu matematika dengan memberikan soal-soal yang diujikan di tahun-tahun sebelumnya. Kali ini para pelajar cukup antusias karena ada award berupa snack ringan di akhir tutorial bagi yang bisa mengerjakan soal.

Lebih seru lagi ketika tutor mengetahui apa keinginan mereka setelah lulus SD nanti, serta pesan dan kesan dari mereka untuk para tutor. Kebanyakan mereka mengungkapkan ingin melanjutkan ke SMP. Sementara pesan dan kesannya kebanyakan ucapan terima kasih, bahkan ada yang mendoakan agar kami cepat lulus kuliah. “Aduh, aku jadi terharu kalau membaca pesan dan kesan mereka,” ungkap tutor Ririn. Hal serupa juga terjadi di SDN KPT 2.

“Harapannya, semoga program ITS Mengajar ini bisa berguna bagi adik-adik yang diajar dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional kelak, selain itu juga bisa belajar untuk berkontribusi meski itu kecil yaitu dari mahasiswa untuk bangsa,” ungkap Fefi, Ketua Program ITS Mengajar.

 Rizqy Fauzi
Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berita Terkait