ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
14 Maret 2011, 14:03

Manfaatkan Kulit Kerang, Mahasiswa ITS Juara Lomba Inovasi Holcim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut salah satu mahasiswa yang mencoba memanfaatkan kulit kerang tersebut. Deni Erfianto, di Surabaya sepengetahunnya. terdapat potensi kulit kerang seribu ton. Kulit itu hanya sebagian kecil yang dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan, sebagian besar dibuang percuma.

"Kerang itu terbuat dah bahan kapur, sehingga sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan jika dicampur dengan semen dan pasir", ujar Deni.

Hasil penemuan Deni yang di bantu dua rekan lainnya yakni Prayogi dan Helda. semuanya mahasiswa semester enam Jurusan Teknik Sipil ITS, kemudian diajukan dalam lomba berburu inoveasi Holcim.

Ide yang dibuat adalah memanfaatkan kerang tersebut untuk membuat Porous Concrete, semacam con block yang dapat digunakan sebagai lantai parket atau taman.

"Con blok itu memiliki fungsi hijau, yakni air bisa meresap kedalam tanah sehingga tidak menyebabkan banjit Sisi ekonomisnya adalah memanfaatkan barang yang terbuang," ujar dia.

Porous Concrete itu memiliki kekuatan 18 mpa. Deni dan kawan-kawannya, hingga kini masih terus berupaya untuk menambah kekuatan hingga 20 mpa. "Kekuatan itu sudah cukup jika dilintasi kendaraan roda empat," ujar Deni

Atas hasil inovasi mereka. Holcim memberikan anugrah juara pertama. Hadiah berupa beasiswa dua semester plus kunjungan ke proyek Holcim di Singapura.

Selain Deni, Holcim juga memberikan hadiah yang sama untuk pemenang kedua dan ketiga. Pemenang kedua dari kampus UNS berupa inovasi pembuatan toilet portable sementara kegita berupa flow wall yakni dinding yang bisa tahan panas. Hadiah sendiri diserahkan oleh Patrick Walser. Direktur Marketing dan Inovasi Holcim di Bandung.

Ivano Zandra. Transforma-oonal Technical Manager Holcim mengatakan Holcim Innovation Hunt yang pertama dise-lenggrakan ini sebagai upaya untuk menggali potensi generasi muda khususnya mahasiswayang tertarik pada bidang konstruksi. Ternyata kami melihat begitu banyak inovasi yang dikeluarkan mahasiswa, mudah-mudahan dapat menjadi bagian dari pembangunan nasional* ujar Ivano Zandra.

Dia menyebutkan, sebanyak 45 desain diikutsertakan dalam lomba yang dilaksanakan pada Oktober-November 2011. dari jumlah tersebut sebanyak 11 peserta masuk nominasi dan terpilih tiga pemenang.

Berita Terkait