ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 April 2011, 18:04

Mendiknas Lantik Prof Triyogi Jadi Rektor ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Staf Humas ITS Surabaya kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Jakarta melaporkan pelantikan itu menandai pergantian Rektor ITS dari Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD kepada Prof Triyogi. Pelantikan Triyogi bersamaan dengan pelantikan Rektor Universitas Padjajaran, Universitas Tanjung Pura, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Sebelas Maret dan Direktur Politeknik Negeri Lhoukseumawe.

Dalam pesannya, Mendiknas Mohammad Nuh meminta rektor baru agar sungguh-sungguh mengemban jabatannya, sebab tugas utama rektor adalah dosen. Hanya diberi tambahan sebagai rektor untuk menjalankan sistem birokrasi. Rektor punya kewenangan dan tanggung jawab untuk menjalankan ranah akademik dan birokrasi," katanya.

Menurut dia, tantangan dunia pendidikan semakin berat ke depan, namun Perguruan Tinggi berpeluang sangat besar untuk mampu menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi bangsa itu. Kita bagian dari solusi, bukan bagian dari persoalan. Karena itu, harus bisa menyiapkan generasi untuk 100 tahun Indonesia merdeka," katanya.

Sementara itu, Prof Triyogi mengaku dirinya akan langsung berkonsentrasi membesarkan ITS. "Seperti pesan pak Menteri, saya akan langsung bergerak," katanya. Triyogi juga berjanji akan memenuhi kuota 20 persen untuk mahasiswa kurang mampu selama mahasiswa itu mempunyai kemampuan akademik. Insya-Allah akan dijalankan. Kalau punya kemampuan akademik yang bagus, kita dorong mereka agar masuk ITS," katanya.

Terkait gugatan dari beberapa Guru Besar ITS atas hasil pemilihan rektor, Triyogi mengaku tidak mempermasalahkan, karena hal itu merupakan hak individu. Saya sudah tanya kok, ternyata itu gugatan atas nama pribadi. Bukan atas nama ITS, guru besar ITS atau Senat ITS. Jadi saya menghormati mereka," katanya.

Lain halnya dengan Rektor ITS periode 2006-2011, Priyo Suprobo. Ia mengaku akan kembali pada rutinitas yang dulu sebagai dosen. "Kembali mengajar saja," kata Guru Besar FTSP ITS Surabaya itu.

Berita Terkait