ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
10 Mei 2011, 08:05

Atasi Ban Bocor dengan Tambal Ban Elektrik Portable

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kini untuk mengatasi masalah tersebut ada alat canggih tambal ban yang ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Alat Tab-Trik Portable ini diproduksi oleh Arifuddin Anwar dan Fahrizal Firdaus. Menginjak semester akhir di ITS, keduanya merakit alat ini dengan konsep alat pemanas yang portable.

Alat seberat 0,5 kg ini dihubungkan menggunakan dua konektor, AC dan DC sehingga mudah dibawa saat kita berkendara. Untuk konektor AC dapat langsung ditancapkan pada colokan listrik di rumah, atau menggunakan aliran listrik PLN. Sementara konektor DC ditancapkan pada accu kendaraan. Nantinya, tegangan DC akan diubah menjadi AC dengan menggunakan rakitan komponan inverter.

Mekanisme kerja alat ini cukup sederhana. Ban dalam kendaraan yang lubang atau bocor, dibersihkan dan diberi lem terlebih dahulu. Tak beda jauh dengan perngerjaan di warung tambal ban, ban yang lubang pun ditutup dengan kalep penambal.

Nah, dari sinilah fungsi alat Tab-Trik Portable ini bekerja. Alat yang berbentuk box ini, bagian penutupnya terdiri dari lempengan baja stainless steel sebagai penghantar panas. Fungsinya untuk merekatkan kalep penambal pada lubang yang menganga di ban Anda.

"Area ban yang akan ditambal di letakkan di sekitar konduktor (penghantar, Red). Lalu, konektor ditancapkan pada accu atau listrik rumah. Laul tutup box sehingga lempengan baja tersebut melekat dan menekan area ban yang ditambal," kata Arifuddin Anwar saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Senin (9/5/2011).

Proses pemanasan ini berjalan selama 13 menit. Setelah itu, alat pemanas akan otomatis terputus arusnya. Pemutusan arus secara otomatis ini supaya pengguna tak perlu khawatir memperkirakan seberapa jauh ban tersebut tertambal dengan sempurna.

"Setelah 13 menit dipanaskan, alat ini akan otomatis terputus arusnya sebab di dalam komponennya terdapat relay. Jadi, tak perlu khawatir akan menunggu lama, kita pun tak perlu mengira-kira kapan kalep penambal lengket sempurna," terangnya.

Jangan lupa untuk menggunakan aluminium foil saat memanaskan ban. Sebab, suhu panasnya sama dengan yang digunakan oleh tukang tambal ban jalanan, dapat mencapai lebih dari 150 derajat celcius.

Mesin yang terbuat dari box aklerik ini juga dilengkapi mini laci. Jadi, Anda dapat menaruh keperluan tambal ban lain seperti lem, obeng, kalep penambal, pembuka pentil dan aluminium foil di dalamnya.

(nrm/fat)

Berita Terkait