ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
13 Mei 2011, 09:05

Rektor ITS Terima Penghargaan "SDS" dari Presiden

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Penghargaan itu diserahkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-65 Tahun 2011 di Lapangan Moeljadi, markas Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal), Surabaya, Kamis.

Selain Triyogi, penghargaan juga diberikan kepada Direktur Pendidikan Kobangdikal, Kolonel Iwan Sukiswan.

Keduanya dianggap memiliki jasa dalam pengembangan ilmu militer Angkatan Laut.

Menurut staf Humas ITS, Tjatwari Atisoendari, ITS selama ini memang telah bekerja sama dengan TNI AL dalam pengembangan teknologi kemaritiman, di antaranya simulasi pertempuran laut dan pembuatan kapal patroli cepat dan teknologi siluman (stealth).

"TNI AL dan ITS juga terus mengembangkan beberapa teknologi lainnya seperti pembuatan kapal-kapal patroli cepat melalui pendidikan dan latihan bersama, sistem radar, dan alat-alat persenjataan lainnya," katanya.

Kerja sama itu juga sekaligus mendukung program pemerintah dalam menciptakan kemandirian dalam pengembangan teknologi militer dalam negeri.

"KSAL Laksamana TNI Soeparno berharap pendidikan TNI AL dapat terakreditasi dalam pendidikan nasional dalam beberapa tahun ke depan," katanya, mengutip KSAL.

Peringatan Hardikal pada setiap tanggal 12 Mei itu dimeriahkan berbagai atraksi kesenian khas Jawa Timuran yang melibatkan 561 siswa Kobangdikal.

Mereka membawakan tari khas Jawa Timuran, seperti Remo, Ayu Manik, Karapan Sapi, Japin Bawean, Jejer, Gelipang, dan Reog.

Selain itu acara tersebut dimeriahkan dengan tari kolosal bertemakan Mutiara Gatra Budaya Jalesveva Majapahit.

Sebelumnya, Kobangdikal mengelar berbagai kegiatan bakti sosial di Madura, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Solo, dan Yogyakarta dalam memperingati Hardikal Ke-65 itu.

        

Berita Terkait