ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
26 Mei 2011, 08:05

Berlama-lama di Depan Laptop dengan Meja Elapis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk itulah, mahasiswa ITS mencoba membuat inovasi meja ELAPIS (Ergonomic Intelegent Laptop Pillow and Stand) untuk kenyamanan Anda bekerja. Desain inovasi berbentuk meja ini sengaja memiliki kaki meja yang bisa disesuaikan dengan tinggi kita saat duduk.

Selain itu, meja berbahan dari olahan serbuk kayu ini juga dilengkapi blower atau yang sering disebut cooling pad di tengahnya. Dengan kabel USB, cooling pada akan bekerja efektif meminimalisasi panas radiasi yang dikeluarkan laptop.

Meja ELAPIS ini memang difokuskan untuk memenuhi fungsi ergonomik. Dengan mengedepankan pada perancangan alat, mereka optimis untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan dan ketrampilan manusia.

"Inovasi rancangan alat memang sudah seharusnya menyesuaikan kebutuhan manusia, bukan manusia yang harus mengikuti alatnya," tutur Marissa, mahasiswi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Industri ITS, Rabu (25/5/2011).

Fitting the task to the man, inilah yang menjadi inspirasi Marissa dan kawan-kawannya. Marissa sebelumnya sering memperhatikan temen-teman sebayanya menghabiskan waktu di depan laptop dengan posisi duduk yang tak sempurna. Bahkan, tak sedikit teman-teman pria maupun wanitanya yang meletakkan laptop di atas paha saat duduk.

"Paling tidak, sudut lengan saat kita duduk menghadapi laptop adalah siku-siku, 90 derajat," terangnya.

Marissa, Wiwin, Tri Kurniawan, Henki dan Ardhi memutuskan mencoba inovasi meja Elapis untuk mengurangi risiko back injurity (encok, Red). Namun sayang, produk meja ELAPIS masih belum tersedia portable. Meja dengan berat 1 kg ini hanya dapat digunakan di dalam kantor, rumah ataupun sekretariat mahasiswa di dalam kampus.

Lebihnya, untuk sekali produksi, meja ELAPIS membutuhkan biaya Rp 80 ribu. Tapi harga tersebut masih dapat ditekan bila telah diproduksi secara massal, sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu saja.

Bila dibandingkan di pasaran, produk meja ELAPIS ini lebih fungsional dan terjangkau bila dibanding alat cooling pad yang dijual seharga Rp 35 ribu. Sebab, alat cooling pad masih memungkinkan kita duduk dengan posisi bungkuk selama berjam-jam.

(nrm/fat)

Berita Terkait