ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
11 Juli 2011, 09:07

Sapu Angin 4 ITS Raih Peringkat Pertama

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak dinyatakan lulus dari scrutineering test Kamis 7 Juli lalu, Tim ITS mengambil jatah berpacu sebanyak lima kali.

Pada kelas urban concept, diwakili Sapu Angin 3 bermesin Honda dengan bahan bakar gasoline (petrol) dan Sapu Angin 4 yang berbahan bakar Fatty Acid Methyl Esther (FAME).

Dari dua mobil tersebut, Sapu Angin 4 berhasil berpacu sebanyak dua kali dengan capaian 142 km/liter, capaian yang cukup membuat ITS menduduki peringkat pertama semntara pada klasmen ini.

Pada hari terakhir, Sabtu (9/7/2011), Tim ITS tidak akan mengembangkan mesinnya dengan mengganti injektor yang memiliki tekanan yang lebih tinggi. Hal tersebut dibenarkan Humas ITS, Sabila Fatimah.

"Lagipula kami tidak tahu arah di mana kami harus membeli mesin seperti itu di sini," sesal Sabila.

Sistem injeksi Sapu Angin 4, menurutnya sudah di-setting untuk bahan bakar solar, namun demikian tim ITS lebih memilih FAME dengan alasan lebih hemat walau membutuhkan tekanan injektor yang tinggi.

Lain hal dengan Sapu Angin 4, di kelas prototype Sapu Angin 5 hanya menduduki urutan ke sembilan. Hanya dengan capaian 353 km/liter Sapu Angin 5 jauh tertinggal dengan saingan terberatnya yakni dari Tongji University dengan capaian 855 km/liter.

Meskipun demikian, Sabila mengakui capaian prototype ini sudah meningkat dari mobil Sapu Angin 1 pada tahun lalu. "Ini karena mesin Paijo Experiment (PEX) sudah di-upgrade menjadi PEX-2 serta memakai sistem injeksi," paparnya.

Tak menyerah dengan kondisi sementara ini, dia dan Timnya akan tetap mempertahankan semangat juang serta selalu optimis.(ahm)

Berita Terkait