ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
18 Agustus 2011, 11:08

4 Purek Ditantang Wujudkan ITS Research University

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Keempat pejabat baru itu adalah Prof Dr Ing Herman Sasongko dari jurusan Teknik Mesin (bidang akademik dan kemahasiswaan), Dr Ir Muhammad Faqih dari jurusan Arsitek (bidang keuangan dan perencanaan), Prof Drs Nur Iriawan Msc PhD dari jurusan Statistika (bidang SDM dan organisasi), dan Prof Dr Darminto MSc dari jurusan Fisika (bidang penelitian, kerja sama dan inovasi). Selain itu juga dilantik Direktur Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Ir Muhammad Mahfud MT.

Rektor ITS, Tri Yogi Yuwono yang melantik ke-empat pejabat baru itu mengatakan, mereka telah memenuhi kriteria yang ditetapkan serta berpengalaman dalam bidangnya. "Para pejabat itu akan menghadapi tugas yang sangat berat. Apalagi tingkat kompetensi antar Perguruan Tinggi makin ketat. Untuk itu, ITS harus menghasilkan produk riil. Maka, keempat Purek itu diharapkan bisa membantu mewujudkan ITS menjadi research university bertaraf internasional pada 2017 mendatang," katanya, Rabu (17/8/2011).

Purek I, Herman Sasongko mengaku, siap mengemban segala amanah untuk mewujudkan ITS sebagai Research University. Untuk mewujudkan hal itu, keempat pejabat baru ini haruslah kompak.
 
"Cita-cita ITS memang ingin menjadi research university berskala internasional. Tapi yang paling penting adalah bagaimana proses menuju ke arah itu. Kita harus buktikan dulu di Indonesia melalui berbagai penelitian yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, PR II, Muhammad Faqih berencana untuk mencari sebanyak-banyaknya dana untuk dialokasikan secara benar, efisien, dan akuntabel untuk pengembangan ITS yang nantinya akan dipergunakan untuk membiayai laboratorium.
 
"Juga akan dikembangkan Sistem informasi manajemen (SIM) anggaran. Semuanya diatur melalui teknologi informasi. Ke depan, semua transaksi dilakukan melalui bank sehingga mengurangi penyimpangan penggunaan dana," ucapnya.
(rhs)

Berita Terkait