ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
27 Agustus 2011, 10:08

Baru, Konsep Green City ala Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berdasarkan kepedulian untuk menjaga keberlangsungan kota Jakarta, maka tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengusulkan gagasan untuk membangun Jakarta Mangrove Waterfront City (JMWC).

Lisana Shidqina, Ridho Prawiro, dan Arwita mengemukakan, JMWC adalah konsep green city khas Indonesia dengan memanfaatkan mangrove sebagai biomaterial pembangunan kawasan waterfront city nantinya.

"Berbeda dengan green city di luar negeri, kota ini akan benar-benar berciri khas Indonesia sehingga nantinya dapat menjadi ikon bagi Tanah Air," ujar Lisana seperti dilansir dari ITS online, Jumat (26/8/2011).

Ridho menyebutkan, nantinya kota Jakarta akan terdiri dari beberapa pulau apung yang akan memanfaatkan berbagai sampah yang terdapat di kota tersebut sebagai strukturnya. "Sampah-sampah tersebut akan dikumpulkan, diolah untuk menjadi struktur dari pulau apung," kata Ridho menerangkan.

Selain sampah, lanjut Lisana, tim ini juga menyampaikan gagasan untuk memanfaatkan mangrove di kawasan Muara Angke. Tanaman khas daerah pantai tersebut akan digunakan sebagai plasma nutfah. "Mangrove tersebut akan ditumbuh kembangakan di atas pulau-pulau apung dan akan digunakan sebagai biomaterial bangunan di atas pulau apung," tuturnya.

Kekuatan mangrove sebagai biomaterial telah mereka uji sebelumnya. Berdasarkan penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa kekuatan mangrove setara dengan beton berkualitas tinggi. "Sayangnya, saat ini tanaman mangrove di Muara Angke belum dimanfaatkan secara fungsional," kata Lisana menjelaskan.

Visi dari konsep yang mereka gagas ini, kata Ridho, untuk mengedukasi masyarakat Indonesia untuk mencintai lingkungan. "Kota buatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang green life, sehingga dapat menerapkan di kota mereka masing-masing," ujarnya.(rhs)

Berita Terkait