ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
08 September 2011, 10:09

ITS Rintis Kelas Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kelas internasional yang tengah dirintis oleh kampus yang terletak di Surabaya tersebut, antara lain yakni jurusan Teknik Industri. Pada kelas internasional tersebut, mahasiswa diwajibkan menggunakan bahasa Inggris selama proses perkuliahan.

Mengenai rintisan kelas internasional tersebut, Ketua Jurusan Teknik Industri Sri Gunani Partiwi menjelaskan, kelas internasional pada jurusannya hanya membuka satu kelas terlebih dahulu.

"Karena tujuannya masih berupa rintisan, maka dari itu baru satu kelas saja yang dibuka," kata Sri, seperti yang disitat dari laman ITS, Kamis (8/9/2011).
Tujuan membuka kelas internasional, aku Sri, selain untuk menarik minat mahasiswa, juga dalam rangka mengenalkan program teknik industri itu sendiri.

Ada pun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kelas tersebut, menurut Sri, yakni skor TOEFL  minimal 450. "Dari 59 pendaftar, ad 49 mahasiswa yang diterima. Jumlah ini sudah cukup lumayan unutk sebuah awalan. Di tahun pertama kelas internasional ini dirintis, mahasiswa kelas internasional menggunakan bahasa Inggris hanya untuk mata kuliah jurusan saja," lanjut Sri.

Kelas Internasional, bagi Sri, tidak hanya bisa mengasah kemampuan bahasa asing para mahasiswa saja, tetapi memungkinkan mahasiswa untuk magang di luar negeri.

"Salah satu universitas di Thailand sempat menawarkan supaya mahasiswa kami bisa magang di perusahaan mitra mereka," beber Sri yang juga menganggap hal tersebut sebagai tindak lanjut setelah program berlangsung.

Sistem rintisan ini, imbuh Sri, akan dievaluasi terus-menerus. Tahun depan misalnya, program tersebut akan disosialisasikan lebih awal melalui jalur undangan.

"Tujuannya agar orangtua juga mendapatkan informasi. Selain membuka rintisan kelas internasional, tahun ini. Teknik Industri juga membuka bidang minat manajemen bisnis," tutup Sri.(rhs)

Berita Terkait