ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
16 September 2011, 16:09

Masuk Kampus, Wajib Bersepeda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Semua itu dalam rangka menciptakan suasana ecocampus yang telah dicanangkan ITS. Utamanya areal protokol kampus akan bebas dari asap kendaraan. Nanti akan disediakan ribuan sepeda di pintu masuk kampus.

Sementara mobil dan motor akan dibuatkan parkir terpadu. "Sudah pasti, ITS akan menciptakan Budaya bersepeda selama di kampus. Untuk awal nanti, kita sediakan setidaknya 600 sepeda yang bisa dipakai gratis saat masuk kampus," ujar Achmad Rusdiansyah, Koordinator ecocampus ITS, Jumat (16/9/2011).

Jumlah tersebut adalah jumlah awal sebelum ecocampus itu benar-benar menjadi budaya. Selanjutnya sambil berproses, ITS akan menggandeng pihak ketiga untuk menambah jumlah unit sepeda. Sepeda yang khusus dioperasikan di kampus.

Jumlah tersebut diakui belum memadai. Total warga kampus ITS saat ini sekitar 20.000. Mahasiswa sekitar 18.000 dan sisanya dosen dan karyawan. Namun mereka tentu tidak berada di kampus dalam satu waktu.

Semua akan dipinjami sepeda saat memasuki areal utama kampus. "Nantinya, mahasiswa cukup menukarkan kartu mahasiswa sudah bisa ke kampusnya dengan bersepeda. Kita akan awali di areal protokol rektorat dan areal utama lain yang bebas kendaraan," lanjut Rusdiansyah.

Saat ini juga sudah disiapkan infrastruktur khusus pengguna sepeda. Sudah dimulai pembuatan jalan khusus pengguna sepeda. Jalur khusus ini akan semakin mendominasi jalan di dalam kampus ITS.

Berita Terkait