ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
01 Oktober 2011, 08:10

DPR RI Minta Masukan ITS Soal RUU PPIP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hayono Isman Ketua Rombongan Komisi I DPR RI, mengatakan, RUU ini akan segera menyelesaikan RUU ini. Karena itu, pihaknya meminta masukan dari kalangan akademisi di antaranya ITS dan ITB untuk menyempurnakan draft RUU ini.

"Kami upayakan RUU tentang pemanfaatan BUMN Industri Strategis untuk pertahanan diselesaikan tahun ini. Karena itu kami minta masukan dari perguruan tinggi," kata Hayono Isman di gedung Rektorat ITS, seperti dalam rilis dari Humas ITS yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (30/9/2011).

Heri Ahmadi anggota Komisi I DPR, menambahkan, industri dalam negeri sangat diperlukan untuk pemenuhan alat utama sistem senjata (Alutsista) sehingga tidak perlu dari luar. Dan ini merupakan komitmen Komisi I sejak awal untuk memberikan dukungan sepenuhnya agar memanfaatkan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS) tersebut.

Salah satu upayanya yakni mengeluarkan usul inisiatif DPR tentang RUU pengembangan dan pemanfaatan BUMNIS untuk pertahanan.
"Kami juga memiliki komitmen agar kita memiliki TNI yang kuat dengan dukungan Alutsisita yang memadai serta prioritas memanfaatkan industri dalam negeri," katanya.

Prof Darminto Pembantu Rektor IV ITS, mengatakan, saat ini industri pertahanan berada di luar sistem pertahanan dan keamanan, sehingga koordinasinya sangat lemah. "Mungkin nantinya bisa diatasi dengan RUU ini, sehingga dipertimbangkan posisi industri pertahanan itu," ujarnya.

Darminto juga berharap, perguruan tinggi dilibatkan dalam proses penelitian hingga pembuatan persenjataan. "Sehingga peran PTN bisa langsung menunjang peran sistem Hankam." katanya.(ipg)

Berita Terkait