ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
06 Oktober 2011, 08:10

ITS Sabet Juara Pertama Festival "Edunimasi" 2011

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu dewan juri, Albert Kuhon, di Nusa Dua, Bali, Rabu, mengatakan, karya mahasiswa ITS yang berjudul "Mimpi Menjadi Nyata" itu mampu menyingkirkan dua karya lainnya di kelompok mahasiswa.

Kedua karya yang tersingkir itu, yakni karya berjudul "Seribu Satu Candi" dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan "Si Gatot" dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS).

Lomba pembuatan video klip animasi tentang edukasi berdurasi 120 detik itu diikuti 857 peserta yang terbagi ke dalam beberapa kelompok, yakni untuk sekolah menengah kejuruan (SMK), lembaga kursus dan pelatihan (LKP), dan mahasiswa.

"Lomba ini berlangsung sejak Mei 2011 dan mendapat sambutan yang menggembirakan dari masyarakat," kata Albert yang juga praktisi komunikasi massa itu.

Dalam empat bulan terakhir, lomba yang diselenggarakan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Non-Formal, dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional yang dipublikasikan melalui www.edunimasi.com itu mendapatkan 44.105 kunjungan dari 4.741 orang dengan 4.111 aktivitas berbagi (sharing) oleh audiens melalui media sosial Facebook, Twitter, dan lainnya.

Untuk kelompok SMK, juara pertama diraih oleh pelajar SMK Bina Informatika, Tangerang Selatan, Banten, dengan karya berjudul "Sang Penulis Mimpi".

Setelah itu, pelajar SMK Negeri 4 Garut, Jawa Barat, dengan judul "Si Oplet Ingin Sukses" sebagai juara kedua dan SMK Negeri 1 Cimahi, Jawa Barat, melalui karyanya "Setinggi Langit" selaku juara ketiga.

Pada kelompok LKP, juara pertama direbut LKP Palcomtech, Palembang dengan karya animasi berjudul "Bosan Jadi Pegawai" dan juara kedua dari karya LKP Surabaya berjudul "Piqobono".

Lomba yang bertemakan "Keselarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja" itu bertujuan untuk menyosialisasikan pentingnya penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja. (*)

Berita Terkait