ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
30 November 2011, 09:11

Hasil Karya Despro ITS Mejeng di Pameran

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Desain Furniture, setiap mahasiswa Despro diwajibkan membuat suatu karya fasilitas duduk yang harus mereka wujudkan dari kreativitas dan pengembangan suatu sumber ide bentuk.

"Tugasnya adalah membuat fasilitas duduk, bukan hanya sekadar kursi berkaki tiga atau empat," ungkap Dosen Desain Furniture Thomas Ary Kristianto, serperti dilansir laman ITS, Rabu (30/11/2011).

Thomas menjelaskan, sumber idenya bisa dieksplorasi dari berbagai macam bentuk sesuai keinginan. Hanya saja, yang menjadi beban adalah setiap mahasiswa harus memberikan sentuhan transformasi desain dari sumber ide yang mereka pilih.

"Transformasi desain sendiri mempunyai beberapa tingkatan, semakin banyak tahapan transformasinya maka akan semakin bagus," tambahnya.

Karya mahasiswanya ternyata berhasil menjawab tantangan Thomas. Mereka mengadopsi tempat duduk dari berbagai macam sumber ide yang mereka pilih, seperti scorpion, kubik, domino, sampai parang rusak terbukti menghasilkan karya tempat duduk yang unik dan menarik.

Meski begitu, lanjut Thomas, bukan hanya transformasi desainnya saja yang dinilai melainkan ada beberapa poin penilaian lain. Seperti struktur, estetika, dan juga ergonomi dari setiap karya fasilitas duduk yang mereka hasilkan.

"Hal itu yang menyebabkan proses asistensi dosen yang dilakukan harus ditempuh hingga lebih dari lima kali," bebernya.

Pada pameran tersebut, selain dibuka untuk civitas akademika ITS, Thomas juga mendatangkan industri furniture di sekitaran Surabaya.

"Selain menjadi ajang pamer karya, juga mempersiapkan karya mahasiswa ini untuk diikutkan Lomba Desain Furniture Nasional tahun depan, serta Indonesia Furniture Desain Award (IFTA) 2012 nanti," tandas Thomas.(rhs)

Berita Terkait