ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
02 Desember 2011, 09:12

Soft Skills, Syarat Lulus ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS memang tidak hanya mensyaratkan nilai akademis untuk kelulusan mahasiswa. Menurut Pembantu Dekan III Fakultas MIPA dan Tim Kemahasiswaan ITS, Bandung Ari Sanjoyo, soft skills berupa kemampuan memimpin, team work dan menulis karya ilmiah dengan baik merupakan hal yang diperlukan mahasiswa setelah lulus kuliah.

Agar bisa lulus, mahasiswa minimal harus memenuhi 1.000 poin. Poin bisa dipenuhi dengan mengikuti kegiatan di dalam dan luar kampus. "Setiap kegiatan mahasiswa dinilai 200 poin. Karena itu, mahasiswa minimal harus mengikuti lima aktivitas," tutur Bandung saat ditemui okezone di Semarang baru-baru ini.

Karena itu, ITS rutin mengadakan pelatihan untuk mencapai tujuan soft skills, yakni membangun jiwa kewirausahaan dan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa.

"Untuk kewirausahaan, ITS memberikan pelatihan berupa workshop dan lomba business plan," jelasnya.

Mahasiswa ITS bisa mengasah kemampuan wirausahanya dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK). Di sini, beberapa kelompok mahasiswa akan diberikan modal oleh ITS untuk mengembangkan business plan-nya.

"Yang dicari adalah yang punya kreativitas atau teknik pemasarannya tidak biasa," tuturnya.

Selain itu, berkat pelatihan yang diberikan, antusiasme mahasiswa untuk menulis riset dan karya ilmiah semakin meningkat. Saat Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun ini saja, ada 1.580 judul di ITS.

"Jika dalam satu judul itu ada lima mahasiswa yang terlibat, berarti ada 7.900 mahasiswa ITS yang mengikuti riset," ujarnya.

Menurut Bandung, hal ini luar biasa. Pasalnya, saat ini, ada 15 ribu mahasiswa ITS. Pencapaian tersebut juga lebih banyak bila dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.132 judul. "Ini kan berarti peningkatan yang positif," jelasnya.(rfa)

Berita Terkait