ITS News

Sabtu, 27 Juli 2024
05 Desember 2011, 21:12

Rubrik Baru!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Adanya rubrik "Jajak Pendapat" sebelumnya, seperti bis tanpa tujuan. Membawa penumpang sebanyak-banyaknya, tanpa ada tujuan pasti yang akan dicapai. Pembaca mengisi voting sebanyak-banyaknya kuisioner itu, tanpa ada follow up dari hasilnya. Dari hasil tertinggi (pilihan favorit) hingga yang terendah, tidak ada feedback dari redaksi ke pembaca, begitu pula sebaliknya. Akhirnya dipilihlah untuk mengubah rubrik ini.

Ada pun, rubrik baru "Editorial" ini tetap akan diisi oleh Tim Redaksi ITS Online yang juga  menangani isi website dan Majalah ITS Point. Untuk membedakan rubrik ini dengan "Opini" dan "Berita", rubrik ini akan diisi dengan tulisan hasil pemikiran bersama semua kru Tim Redaksi ITS Online dalam menyikapi suatu isu atau tema yang telah ditentukan. Atau bisa diartikan sebagai tulisan hasil diskusi bersama. Jadi ini murni telaah bersama atas sebuah topik, bukan penuturan dari sebuah acara seperti "Berita", bukan pula tulisan yang penuh dengan subjektifitas sepeti "Opini".

Tulisan yang kita sajikan bukan suatu tulisan provokatif untuk membenarkan atau menyalahkan suatu peristiwa atau golongan tertentu dan juga bukan suatu kesimpulan dari suatu isu. Inti penulisan lebih ke arah pemaparan kondisi yang terjadi, rekomendasi hal yang bisa dilakukan dan tanggapan umum dari isu tersebut.

Sedangkan untuk tema yang kita angkat adalah tema seputar kampus yang sedang hangat atau justru cenderung memanas. Seperti Pemilihan Umum Raya (Pemira) baru saja selesai, isu atau tips-trik seputar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Pembangunan Fisik ITS, Fasilitas Beasiswa Fast Track, dan sejenisnya. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membuka tema di luar isu kekinian dengan tetap menjaga asas objektifitas. Pergantian tulisan dan tema akan kita tampilkan setiap dua pekan sekali (untuk sementara).

Terakhir, kami membuka saran dan kritik dari seluruh sivitas akademika ITS terhadap seluruh tulisan yang akan kita sampaikan untuk perbaikan ke depannya. Selain itu, kami juga menerima usulan tema atau isu yang akan kita bahas untuk edisi selanjutnya. Vivat ITS!

Tambahan: edisi perdana akan mengulas tentang "(Akhirnya) Pemira Telah Usai"

a.n
Tim Redaksi ITS Online

Berita Terkait

ITS Media Center > Editorial > Rubrik Baru!