ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
06 Desember 2011, 09:12

Smart Car System Antar Dimas Keliling Paris

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dimas Okky Anggriawan mengembangkan Smart Car System. Ia merupakan inovasi teknologi yang dapat mengolah data jarak tempuh sebuah mobil dengan menggunakan mikrokontroller dan telepon seluler (handphone). Melalui sistem tersebut, diharapkan jarak tempuh setiap pengguna mobil dapat dikurangi hingga 30 persen.

"Dengan pengurangan jarak tempuh tersebut, tingkat kemacetan di kota-kota besar Indonesia mampu berkurang hingga 300 persen. Bahkan, akhirnya tidak akan ada lagi kemacetan," kata Dimas seperti disitat dari ITS online, Senin (5/12/2011).

Pemikiran kreatif Dimas yang dituangkan melalui karya tulis Smart Car to Reducing the Car Distance Solve to Exceed Big Cities in Indonesia itu berhasil mengantarkannya menjadi The Most Favorite Participant dalam Olimpiade Karya Tulis Inovatif (OKTI). Tidak hanya itu, Dimas juga berkesempatan mempresentasikan hasil karya tersebut di Prancis, Oktober lalu.

Dimas mengatakan, dia mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti kompetisi besutan Persatuan Pelajar Indonesia Prancis (PPIP). "Banyak pengalaman yang saya dapatkan ketika OTKI. Selain bertemu dengan orang-orang berpendidikan, saya juga bisa berjalan-jalan di kota Paris. Seperti Menara Eiffel, Arc de Triomphe, Musee du Lourve, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Perjalanan Dimas menuju Kota Mode ini sempat terkendala biaya. Namun, berkat dukungan orangtua dan teman-temannya, Dimas tetap melenggang ke Paris meski dengan menggunakan biaya sendiri.

OTKI adalah kompetisi yang diperuntukan bagi pelajar Indonesia di seluruh dunia dengan tujuan mempercepat pembangunan di Tanah Air dari berbagai disiplin ilmu. Menariknya, Dimas adalah satu-satunya mahasiswa S-1 di antara peserta lain yang bertitel S-2 dan S-3.

Penghargaan OTKI bukanlah yang pertama diraih dimas mellaui karya tulis tersebut. Sebelumnya, Car Smart System telah menjuarai kompetisi berskala nasional. Sebut saja, juara dua MFAIR Universitas Indonesia (UI) tingkat nasional 2011, juara harapan tiga MFEST Instiut Teknologi Bandung (ITB), dan juara satu LKTI Hutama Karya Sinnova Award.(rhs)

Berita Terkait