ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
23 Desember 2011, 09:12

ITS Pagari Kampus dengan 6.000 Pohon

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Besok, pada kegiatan G2 Jilid II akan ditambah penanaman 1.000 pohon. Kegiatan akan dilanjutkan dengan kerja bakti di kawasan kampus ITS," kata Ketua Panitia G2 Agus Muhammad Hatta, Kamis (22/12/2011).

Pada acara G2 jilid II ini akan ada sekira 11 ribu peserta. Partisipan adalah para civitas academica ITS mulai dari dosen, mahasiswa, hingga karyawan.

Hatta menjelaskan, pohon yang akan ditanam di G2 Jilid II adalah pohon tanjung, mangga dan jati kebon (jabon). Alasannya, pohon-pohon tersebut lebih banyak bijinya sehingga mampu membantu ekosistem burung.

Sebagai tindak lanjut dari G2 Jilid II, akan ada kebijakan terkait kerja bakti di lingkungan Kampus ITS.

"Rencananya kerja bakti ini diupayakan setiap hari Jum’at. Rencana ini juga meneruskan program Eco Campus seperti Free Car Hours. Untuk saat ini program tersebut sudah dilakukan di sekitar gedung Rektorat," jelas Hatta.

Dia juga menyebut, setiap fakultas di kampus ITS akan ada tanaman yang berbeda seperti kawasan tanaman langka (juwet, manggis, dan kelampis), dan kawasan tanaman produktif (mangga). Program ini akan melibatkan masyarakat sekitar kampus dan berfungsi sebagai sarana kawasan pengamatan burung, laboratorium alam, serta sebagai tempat penelitian mahasiswa biologi dari berbagai universitas.

Menurut Hatta, sekira 90 persen pohon-pohon yang ditanam di G2 Jilid 1 bisa hidup. Sedangkan program G2 Jilid II ini digelar sekaligus memanfaatkan momentum musim hujan. "Teknis perawatan pohon akan sama dengan G2 Jilid I," tandasnya.(rfa)

Berita Terkait