ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
24 Desember 2011, 09:12

ITS Awali Tradisi Bersepeda Kayuh di Kampus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Tahun depan, akan dimulai car free hours di ITS. Akan disediakan sedikitnya 200 sepeda kayuh untuk sementara waktu yang digunakan pada hari dan jam tertentu," kata Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, Rektor ITS, Jumat (23/12/2011) seperti dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net.

Selain itu nantinya di setiap fakultas juga akan ada kawasan tanaman yang berbeda, seperti kawasan tanaman langka (juwet, manggis, klampis, dan sebagainya), kawasan tanaman produktif (mangga) yang melibatkan masyarakat sekitar kampus, kawasan pengamatan burung, dan laboratorium alam untuk sarana penelitian bagi mahasiswa Biologi dari berbagai universitas.

Untuk gedung yang baru atau akan dibangun, akan didesain dengan konsep greenbuilding sehingga nanti tidak akan menggunakan AC di ruang-ruang perkuliahan, sedangkan di luar gedung akan ada jalur sepeda dan sarana transportasi seperti kereta kelinci yang menghubungkan antar-jurusan dalam jadwal waktu yang terprogram.

Untuk mengawali menjadikan kampus ITS berbasis lingkungan, telah digelar program Gugur Gunung (G2) di Plaza Dr Angka ITS. G2 hari ini diikuti semua civitas akademika mulai dari dosen, karyawan, dan mahasiswa. Ini merupakan lanjutan G2 yang telah dilaksanakan September lalu.

G2 merupakan program penghijauan kampus secara terpadu hingga lima tahun ke depan melalui delapan program Eco-Campus yang berkelanjutan, hingga ITS menjadi kampus yang mendukung pemulihan energi yang rusak.

Kedelapan program Eco-Campus adalah revitalisasi masterplan ITS (gedung baru yang hemat energi), sosio-engineering (rekayasa teknologi hemat energi seperti kartu listrik di hotel atau listrik mati otomatis), gerakan internal (bersepeda di kampus), effisiensi air (zonaisasi meteran air per-fakultas), efisiensi listrik, pengelolaan sampah terpadu (composting center), hutan kampus terpadu, dan wahana internal kampus (kereta antar-jurusan).(ipg)

Berita Terkait