ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
24 Desember 2011, 08:12

Rektor ITS Kembali Pimpin Penghijauan Kampus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"G2 jilid dua itu merupakan lanjutan dari G2 yang telah digelar pada September lalu," katanya dalam G2 yang terpusat di Plaza Dr Angka ITS Surabaya.

Ia menjelaskan G2 merupakan program kebersamaan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan sekaligus tonggak untuk menjadikan kampus ITS berbasis lingkungan.

"G2 merupakan program penghijauan kampus secara terpadu hingga lima tahun ke depan melalui ‘delapan program Eco-Campus’ yang berkelanjutan, hingga ITS menjadi kampus yang mendukung pemulihan energi yang rusak," ucapnya.

Kedelapan program Eco-Campus adalah revitalisasi masterplan ITS (gedung baru yang hemat energi), sosio-engineering (rekayasa teknologi hemat energi seperti kartu listrik di hotel atau listrik mati otomatis), dan gerakan bersepeda di kampus (internal).

Selanjutnya, efisiensi air (zonaisasi meteran air per-fakultas), efisiensi listrik, pengelolaan sampah terpadu (composting center), hutan kampus terpadu, dan wahana transportasi internal kampus (kereta kelinci antar-jurusan).

"Kami akan mengawali tradisi bersepeda dengan menyediakan 500-600 sepeda kayuh dari lapangan parkir Graha ITS ke berbagai jurusan. Selain itu, juga digelar uji emisi rutin," paparnya.

Tahun depan, pihaknya akan memulai "car free hours" di ITS. "Akan disediakan sedikitnya 200 sepeda kayuh untuk sementara waktu yang digunakan di lingkungan kampus pada hari dan jam tertentu," ujarnya.

Nantinya, di setiap fakultas juga akan ada kawasan tanaman yang berbeda, seperti kawasan tanaman langka (juwet, manggis, klampis, dan sebagainya).

Selain itu, kawasan tanaman produktif (mangga) yang melibatkan masyarakat sekitar kampus, kawasan pengamatan burung, dan laboratorium alam untuk sarana penelitian bagi mahasiswa Biologi dari berbagai universitas.

"Untuk gedung yang baru atau akan dibangun akan didesain dengan konsep ‘green building’, sehingga nanti tidak akan menggunakan AC di ruang-ruang perkuliahan," tuturnya.

Di luar gedung akan ada jalur sepeda dan sarana transportasi seperti kereta kelinci yang menghubungkan antar-jurusan dalam jadwal waktu yang terprogram.

Acara G2 jilid dua dimulai dengan senam pagi, kemudian dengan penanaman pohon, pembukaan Pameran Foto dan Sosialisasi Eco-campus yang dipusatkan di Plaza Dr Angka dan selanjutnya dilakukan di setiap unit kerja atau jurusan. (*)

Berita Terkait