ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
30 Januari 2012, 09:01

Apple dalam Amplop Batik Ardi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ardi menilai, perpaduan ini menarik karena Apple merupakan brand leader untuk produk komputer, sementara batik Tuban diketahui sebagai batik pertama di Tanah Air.

Aksentuasi olahan Batik Gedong Tuban pada tas buatan Andi pun tidaklah asal tempel. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini mengolah terlebih dahulu batiknya, bahkan mulai dari penanaman kapas.

"Jadi, menggunakan tas ini secara tidak langsung juga ikut melestarikan lingkungan dan budaya Indonesia," kata Ardi seperti dilansir ITS Online, Minggu (29/1/2012).

Cowok berkaca mata ini bercerita, proses pembuatan tas ini tidaklah mudah, misalnya dalam menentukan motif batik yang akan dia pakai. Ardi tidak bekerja sendiri, dia dibantu sejumlah penjahit dan pelestari budaya batik Tuban.

Mahasiswa Desain Produk Industri itu menjelaskan, dia membutuhkan waktu sekira satu tahun untuk menyelesaikan produknya. Ardi mendesain tas yang dapat digunakan untuk menyiman laptop atau komputer tablet ini berbentuk amplop. Bahan yang dia gunakan adalah kanvas dan kulit sapi. Ardi juga menyelipkan cerita tersendiri dari setiap motif batik yang dia gunakan pada tas ini.

Pemuda asli Bojonegoro ini bercita-cita, akan memproduksi massal produknya, serta menyisihkan lima persen hasil penjualannya kepada para perajin batik Gedong Tuban.

"Untuk biaya pendidikan para perajin di sana, karena rata-rata cuma lulusan SD dan SMP," kata mahasiswa angkatan 2007 itu.

Di masa depan, Ardi juga berencana mengembangkan budaya dan kerajinan khas Indonesia lainnya, seperti tenun dan wayang. Sebab, jawara The Best Car Design tingkat Asia Pasifik dalam acara Chem-E Car Competition di Taiwan, 2010 lalu itu yakin, banyak budaya Indonesia yang bisa diaplikasikan ke berbagai produk.(rfa)

Berita Terkait