ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
31 Januari 2012, 09:01

Jerman Akan Perluas Kerja Sama dengan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Saya tertarik untuk membicarakan pengembangan kerja sama ini lebih lanjut, baik dari sisi akademik dan perannya bagi masyarakat. Semoga bisa terbuka peluang kerja sama baru antara ITS dan Jerman," kata Wakil Duta Besar Jerman, Heidrun Tempel di kampus ITS, Senin (30/1/2012).

Direncanakan, kerja sama itu tidak hanya di bidang kelautan, seperti yang sudah digalang hingga saat ini. Selanjutnya, kerja sama antarkedua negara ini akan diperluas di beberapa bidang. Di antaranya, bidang teknik elektro, teknik mesin dan beberapa jurusan lain di ITS.

Sementara itu, Rektor ITS Triyogi Yuwono mengatakan sejarah kerja sama dengan Jerman sudah sangat panjang. Untuk program double degree akan diperluas ke jurusan lain.

Menurut Triyogi, kerja sama di bidang kelautan ini memberikan kontribusi pada penguatan sumber daya maritim yang sangat diperlukan Indonesia maupun internasional.

Kerja sama tersebut, merupakan upaya untuk menggabungkan kedua kekuatan dari kedua universitas. Tidak hanya itu, mereka juga melibatkan Semarang Growth Center (SGC) yang merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan untuk pelaut unggulan di Asia Tenggara.

"Penggabungan ini diharapkan dapat menghasilkan Prodi baru yang unggul dan berkualitas internasional. Otomatis, lulusannya akan diterima secara global," ujar Triyogi.

Selain itu, Jerman juga berharap adanya kerja sama di bidang renewable energy. Sebab, selama ini Jerman sangat bergantung pada energi nuklir.

"Belajar dari ledakan nuklir di Fukusima, Maret lalu, Jerman mengurangi konsumsi energi nuklir. Karena itu mereka menggandeng ITS untuk mencari sumber energi terbaharukan lainnya," Triyogi menandaskan.(rfa)

Berita Terkait