ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
03 Februari 2012, 08:02

ITS Gelar Kompetisi Robot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua panitia M Syafiul Umam, menjelaskan lomba melibatkan peserta dari mahasiswa dan siswa SMA ini digelar dalam tiga kategori. Terdiri  engineering physics challenge, merupakan kompetisi ilmiah tahunan dalam bidang fisika. “Lomba ini cenderung ke penerapan fisika yang aplikatif di masyarakat,” kata Syafiul.

Tema yang diusung EPW kali ini adalah Green Science for Nation. Dengan diadakannya kegiatan ini para pelajar SMA diharapkan terpacu untuk meningkatkan wawasan teknologinya dibidang robotika.

Peserta pada kategori ini jumlahnya membeludak. Setelah babak penyisihan, kini tinggal 1.353 peserta yang akan mengikuti semifinal pada 4 – 5 Februari mendatang.

Even lainnya adalah pelatihan robotika atau workshop for roboholic 2012. pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa dan siswa SMA. “Untuk Mahasiswan sudah kami lakukan untuk yang siswa SMA akan dilakuka pada tanggal 4-5 Februari mendatang,” jelas Syafiul.

Selain pelatihan robotika, juga digelar kompetisi robot, ajang berskala nasional ini diikuti siswa SMA seluruh Indonesia. Even Indonesian Line Tracer Competition (ILTC) 2012 merupakan kompetisi  ketangkasan dan kecepatan robot dalam melintasi line (garis).

Menurutnya, dalam ajang ini robot robot peserta akan diadu ketangkasannya pada track yang memiliki kesulitan tersendiri. “Track yang sulit ditaklukan,” tambahnya.  Syafiul menambahkan, pada kompetisi robotika ini kreatifitas dan penerapan ilmu Fisika sangat
dibutuhkan sehingga atmosfer kompetisi akan terasa. Khusus pada kompetisi robotika ini akan di gelar pada tanggal 5 Februai 2012.

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > ITS Gelar Kompetisi Robot