ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
29 Februari 2012, 10:02

Bangun Desa, Cara ITS Mengabdi ke Masyarakat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Program yang diusung Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) BEM ITS itu bertajuk ITS Bangun Desa. Menteri Riset dan Teknologi (menristek) BEM ITS Dhanar Such Rufi Fajri menjelaskan, ITS Bangun Desa merupakan program kegiatan membangun sebuah desa atau kampung binaan.

"Nantinya, ini akan menjadi salah satu perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi ITS yakni pengabdian masyarakat," kata Danar seperti disitat dari laman ITS Online, Selasa (28/2/2012).

Ucapan Danar diamini rekannya, Cihe Aprilia Bintang. Menurut Cihe, pengabdian ITS ke masyarakat memang sudah cukup banyak. Namun itu semua sebatas pengajaran dan pembinaan, bukan bentuk pengabdian penerapan aplikasi teknologi sesuai dengan bidang ilmu yang ada di ITS.

"Sudah saatnya ITS memberikan pengabdian sebenarnya kepada masyarakat," Cihe mengimbuhkan.

ITS Bangun Desa akan dilaksanakan sebagai rencana strategis (renstra) tiga tahunan BEM ITS. Tahap pertama akan menjadi tahap persiapan. Proses selanjutnya adalah pencairan dana dan survei langsung ke lokasi desa binaan. Akhirnya, eksekusi program kerja ITS Bangun Desa akan diselesaikan pada tahun ketiga.(rfa)

Berita Terkait