ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
02 Maret 2012, 13:03

Teliti Hidrogen Sebagai Bahan Bakar, Nadiem Jadi Doktor

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hal ini pula yang mendasari Dosen Universitas Jenderal Ahmad Yani Nadiem Anwar untuk melakukan penelitian mengenai alternatif bahan bakar, yakni hidrogen. Produksi hidrogen yang berasal dari fermentasi sekam padi ini mengantarkan Nadiem mendapatkan meraih gelar doktor dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

”Kebutuhan energi di dunia semakin meningkat, sayangnya hal tersebut berbanding terbalik dengan sumber energi fosil yang jumlahnya semakin berkurang dan tidak dapat diperbarui,” kata Nadiem seperti dikutip dari laman ITS, Kamis (1/3/2012).

Pemilihan hidrogen sebagai bahan penelitiannya juga telah melalui pertimbangan yang matang. Nadiem menuturkan, hidrogen dapat menghasilkan listrik dan panas dengan efisiensi yang cukup tinggi.

”Hidrogen juga merupakan energi yang ramah lingkungan karena hasil pembakaran hidrogen hanya menghasilkan air dan dalam proses pembakarannya pun tidak menimbulkan kebisingan,” tuturnya.

Walaupun banyak peneliti yang telah melakukan penelitian pada energi ini, Nadiem mencoba meneliti dari sisi lain pemrosesan pembentukan hidrogen. Penelitiannya lebih fokus pada pembaruan proses pembentukan hidrogen agar lebih praktis dan ekonomis.

”Salah satu proses yang dapat ditingkatkan adalah dari penggunaan enzim kasar. Dengan membuat enzim kasar sendiri, yaitu campuran dari enzim A. niger dan T. reesei, maka hasil dari proses hidrolisis akan lebih baik,” ujar dosen kelahiran Ciamis tersebut.

Meskipun hasil penelitiannya masih jauh dari sempurna, Nadiem tetap optimis dan tetap semangat untuk mengembangkan penelitiannya. Dia berharap, hasil penelitiannya menjadi awal dari suatu metode pengolahan limbah yang baik.

”Semoga Hidrogen bisa menjadi bahan bakar primadona sehingga masyarakat tidak bergantung pada bahan bakar fosil,” tuturnya.(mrg)(rhs)

Berita Terkait