ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
17 Maret 2012, 16:03

ITS Pamer Temuan-temuan Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Prestasi ini disambut baik oleh Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) beserta para Deputi Negara yang berkunjung di Gedung Robotika, ITS, untuk memberikan penghargaan, Jumat (16/3/2012).

Riset dan Teknologi (Ristek) memang kerap melakukan kerjasama dengan ITS. "Beberapa penelitian kami (ITS) dibiayai oleh Ristek," terang penanggungjawab acara, Prof Dr Ir Gamantyo Hendrantoro PhD.

ITS tidak aji mumpung dalam memamerkan produk-produk teknologi yang pernah dihasilkannya. Hal ini telah dibuktikan ITS dalam kunjungan Menristek di Gedung Robotika ITS.

Gamantyo memaparkan, "Ada enam bidang yang dipamerkan, antara lain bidang energi, kelautan, informatika, pemukiman, hankam, dan robotika," ITS tidak hanya memamerkan produk-produk teknologi yang pernah dihasilkannya namun juga membuka dialog bersama Menristek. Hal ini dilakukan agar kunjungan terkesan tidak biasa. Prestasi ini sungguh membanggakan.

Pengembangan kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan topik yang akan dibahas dalam dialog karena hal ini akan dikaitkan dengan jumlah penelitian karya anak bangsa yang masih sedikit.

"Kedatangan Menristek tersebut sangat bermanfaat bagi para peneliti di Indonesia," tambah Gramantyo.

“Kami (para peneliti) ingin mengetahui kebijakan baru yang akan diberlakukan agar arah riset yang kami lakukan sesuai dengan yang diharapkan Menristek sekarang,” jelas salah ssatu peneliti ITS.

Ternyata, kunjungan teknologi yang dilakukan dari pukul satu siang hingga tiga sore itu, tidak hanya dilakukan oleh Menristek dan para Deputi Negara namun juga dihadiri oleh para pejabat ITS, BPPH, serta PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). [fit/but]

Berita Terkait