ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
15 Mei 2012, 11:05

Pelopor Kampus Sehat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengusung gerakan ekokampus, peraih gelar doktor dari Institut National Polytechnique de Grenoble Perancis ini belakangan getol mengampanyekan car free hours di lingkungan kampusnya. Untuk itu, rencananya rektorat tidak membolehkan kendaraan bermotor masuk ke area kampus yang punya lahan sangat luas itu.

"Kalau tidak mau jalan kaki, solusinya naik sepeda," ujar suami dari Joejoen Setiawinarni yang dikaruniai tiga anak ini.

Saat ini, beberapa ruas jalan di ITS sudah dilengkapi dengan jalur khusus sepeda. Nanti semua ruas jalan ITS dilengkapi dengan jalur sepeda. Disediakan ratusan sepeda yang siap dipinjamkan di pintu gerbang kampus.

Di tangan mantan Dekan Fakultas Teknologi Industri ITS yang hobi bersepeda ini, lingkungan kampus disulap sehingga tampak asri dan dipenuhi pepohonan rindang.

Pria kelahiran Tulungagung, 29 Januari 1960, ini juga telah menerapkan hemat energi listrik di kampus terbesar di Indonesia Timur itu dengan mencanangkan gerakan mematikan listrik setiap hari Jumat mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Ia juga meluncurkan smart classroom (kartu pengendali listrik) di Unit Pelaksana Mata Kuliah Bersama (UPMB). Fasilitas yang menggunakan radio frequency Identification (RFID) itu bisa menghidupkan atau mematikan peranti listrik di ruang perkuliahan dari jarak jauh. (Andira) 

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Pelopor Kampus Sehat