ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Juni 2012, 14:06

Hendak Ngebut di Sepang, Paijo Experiment Mampir ke Istana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Namun sebelum bertolak ke Malaysia, sebanyak 17 unit kendaraan hemat energi dari 9 perguruan tinggi dipamerkan di hadapan Presiden SBY.

"Riset ini kami namai dengan Paijo Experiment," ujar salah seorang mahasiswa ITS kepada Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/6/2012).

Tim Sapu Angin ITS kali ini mengikutsertakan empat kendaraan. Ada kendaraan yang sepenuhnya ditenagai FAME, pertamax, listrik hingga ethanol.

Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan jumlah delegasi RI yang dikirim tahun ini menjangkau perguruan tinggi yang lebih meluas, tidak terbatas pada perguruan tinggi sama tahun lalu.

"Kepersertaannya sekarang lebih meluas dari sebelumnya, ada juga dari USU dan Pontianak ikut. Ini virus yang positif," ujar M Nuh.

Pada dua kali ajang serupa sebelumnya, kontingen Indonesia terdiri 8 tim dari UI, ITB, ITS dan UGM. Namun tahun ini melonjak dengan ikut sertanya kendaraan hemat energi hasil riset sejumlah perguruan tinggi dan politeknik dari Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

"Mereka bukan gaya-gayaan ikut lomba atau cuma bikin mainan, ini sangat serius. Kompetisi ini kesempatan bagi anak-anak kita berkreasi agar lulusannya nanti lebih baik. Target ke depan adalah menumbuhkan teknologi hemat energi yang bisa dipakai di jalan," paparnya.

Optimisme serupa ditampilkan para mahasiswa periset yang hadir mempresentasikan karyanya ke Presiden SBY. Salah seorangnya di antaranya adalah Adi Gunardi dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan mobil kelas urban bernama Tumang Medal yang bermesin 125 cc.

"Hasil pengujian terakhir tiap liter pertamax bisa menempuh 180 km dengan kecepatan 80 km/jam," tutur Adi.

(lh/rmd)

Berita Terkait